Jadi Magnet Wisatawan, Adu Kuluwung Digelar Dua Desa di Kabupaten Bogor dan Cianjur

TANJUNGSARI – Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur menggelar pesta rakyat dengan cara melakukan adu meriam karbit atau kuluwung, pada Senin (15/4/2024).

Dua Daerah tersebut yakni Desa Sirnarasa, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor dan Desa Mekarsari, Kecamatan Cikalon Kulon, Kabupaten Cianjur.

Panitia Karbit Cianjur, Oces mengayakan bahwa acara pesta rakyat tersebut dengan melaksanakan adu kuluwung yang melibatkan dua wilayah Bogor dan Cianjur bermaksud untuk memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Pelaksanaan adu karbit ini dalam rangka memeriahkan hari raya Idul Fitri 1445 hijriah dan adu kuluwung ini juga kita adakan di kampung jamban hilir 09/04 Desa Sirnarasa, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor,” katanya.

Ia berharap dalam kegiatan ini juga dapat menjalin tali silaturahmi dengan dua wilayah serta menjadi ajang hiburan bagi masyarakat setempat setelah menjalankan ibadah puasa 1445 Hijriah.

“Harapan saya dalam acara pesta rakyat ini, pertama menjalin tali silaturahmi, dan memberikan hiburan lokal bagi masyarakat setempat. Serta memperkenalkan tradisi festival adu karbit ini hingga ke luar Daerah Jawa Barat hingga Nasional,” harapnya.

Senada dikatakan Panitia Pengelenggara Karbit Tanjungsari, Onim bahwa kegiatan ngadu karbit merupakan hiburan pesta rakyat ini bisa menghibur dan juga acara ini memang tidak setiap hatun sekali.

“Maka dari itu saya bersama karangtaruna desa sirnarasa dan para tokoh masyarakat yang mana pesta rayat ini salah satunya untuk hiburan rakyat.dalam rangka memeriahkan hari Raya idul fitri 1445 Hijriah,” ucapnya.

Ia juga mengaku kalau persiapan ini telah di rancang jauh-jauh hari demi memeriahkan Hari Raya Idul Fitri diwilayah perbatasan Kabupaten Bogor dan Cianjur.

“Hari pertama kita menguapkan sebanyak 100 kg dan harapan saya dengan hiburan rakyat ini bisa terlaksana dengan lancar dan kondusif. Supaya pesta hiburan rakyat ini bisa sukses tanpa ekses dan juga dapat mengangkat perekonomian masyarakat setempat,” tukasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.