IPW Apresiasi Kinerja Polres Bogor Raih Penghargaan Ombudsman RI

Sugeng Teguh Santoso. IST

CIAMPEA – Indonesia Police Watch (IPW) memberi apresiasi terhadap kinerja pelayanan publik Polres Bogor Polda Jabar yang berhasil mendapat sebuah prestasi meraih penghargaan dari Ombudsman RI.

Ditemui wartawan media ini, Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso atau akrab disapa STS mengatakan jika penghargaan yang diraih jajaran Polres Bogor dari Ombudsman RI bukan penghargaan biasa-biasa.

“Penghargaan ini bukan prestasi “ecek-ecek”, sebab Ombudsman RI itu lembaga resmi negara dengan standar kualitas penilaian kredibel, objektif dan independen,” papar Sugeng Teguh Santoso, Selasa (26/12/2023).

Ketua IPW menjelaskan, raihan ini pantas diberikan apresiasi karena Ombudsman RI memberi penilaian berdasarkan regulasi, kecermatan dan ketaatan dari lembaga publik dalam pelayanan kepada publik.

“Artinya Kapolres Bogor berhasil melakukan pengawasan maupun arahan kinerja terhadap jajarannya dalam hal pelayanan publik. Polres Bogor bekerja sesuai ketaatan dan kecermatan berdasar pada aturan yang ada dan berlaku,” jelasnya.

Ia menegaskan, ekspektasi warga Bogor dan masyarakat Indonesia pada umumnya, berharap institusi kepolisian bisa bekerja profesional, transparan dan mampu memberi kepastian serta keadilan hukum.

“Cakupan wilayah hukum Polres Bogor itu sangat luas dengan total jumlah penduduk sangat banyak. Berapa ribu perkara yang harus di tangani. Berarti Kapolres berhasil menunjukkan kepemimpinan dan pengawasan yang baik atas kinerja jajarannya dalam pelayanan publik, ” beber STS.

Di sisi lain, IPW berharap Polres Bogor tetap konsisten dan makin terpacu untuk bekerja melayani dan mengayomi masyarakat agar citra serta marwah institusi Polri makin baik dan tetap dipercaya.

“Saran saya untuk Polres Bogor agar terus diefektifkan serta ditingkatkan. Berikan layanan yang cepat dan memberikan keadilan dan kepastian hukum. Perhatikan layanan penegakan hukum dan jangan ada praktek permintaan uang,” pungkas Ketua IPW.

Sebagai informasi, Kapolres Bogor, AKBP Rio Wahyu Anggoro berhasil mendapat penghargaan Kepatutan Pelayanan Publik dari Ombudsman RI dengan nilai A (94,55), kategori kualitas tertinggi di Polda Jawa Barat, Kamis (21/12/2023) lalu.

Penghargaan Predikat Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kualitas Terbaik ini diraih Polres Bogor dari semua Polres/Polresta yang berada di lingkup jajaran Polda Jabar. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.