IPM Cianjur Masih Rendah, Ini Sorotan dari YPPP

Foto bersama usai udensi Yayasan Perempuan Penggerak Pendidikan (YPPP) Kabupaten Cianjur berphoto dengan Asda 1 dan Kabag Kesra Pemkab Cianjur. Esya | Pakar

CIANJUR— Yayasan Perempuan Penggerak Pendidikan (YPPP) Kabupaten Cianjur, datangi kantor Setda Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Kedatangan mereka menyoroti soal Indek Pembangunan Manusia (IPM) bidang pendidikan diwilayah Kabupaten Cianjur, menempati posisi peringkat terendah diwilayah Provinsi Jawa Barat (Jabar).


“Memang IPM bidang pendidikan diwlayah Kabupaten Cianjur ini, kita menempati diperingkat terendah se Jabar. Oleh karena itu, terkait IPM ini, perlu ada solusi, kongkrit untuk mengatasinya,” tegas Ketua YPPP Kabupaten Cianjur, Hanna Septina Melinda kepada wartawan Senin (4/7/2022), usai bertemu dengan Asda 1 Pemkab Cianjur.


“IPM bidang pendidikan terendah di Jawa Barat perlu ada solusi kongkrit untuk mengatasinya,” kata Ketua YPPKC, Hanna Septia Melinda seusai audiensi dengan Asda I Arief Purnawan dan Kabag Kesra, Iwan di ruangan Asda 1 gedung Sekretariatan Daerah Cianjur, Jumat 1 Juli 2022.


Menurutnya, kehadiran YPPP Kabupaten Cianjur, sebagai wadah bagi para aktivis perempuan yang fokus terhadap isu-isu perempuan, khususnya diwilayah Kabupaten Cianjur. Adapun hal yang dijelaskan dalam audiensi tersebut ialah IPM di bidang pendidikan, ekonomi dan kesehatan.
Saat ini, perempuan memiliki peran penting dalam meningkatkan IPM di Cianjur ditinjau dari tiga bidang tersebut. “Kami berharap dapat bersinergi dengan baik dengan pemerintah dalam menjalankan program-program terkhusus yang berkaitan dengan perempuan,” ujarnya.


Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Kesra Setda Pemkab Cianjur, Iwan membenarkan jika perempuan memiliki peran yang penting di berbagai lini sektor kehidupan. Oleh karena itu, pemerintah perlu dukungan dari berbagai elemen, termasuk komunitas perempuan. “Karena ada berbagai isu perempuan dan anak yang secara program belum terealisasi dengan maksimal,” imbuhnya.


Iwan mengatakan YPPP Kabupaten Cianjur, bisa ikut berkontribusi membantu pemerintah dalam meningkatkan program tersebut. “Seperti pemberian zat besi/ vitamin kepada remaja di sekolah untuk pencegahan stunting, pengawalan terhadap kasus-kasus HIV di Cianjur dan peningkatan capaian di bidang pendidikan,” pungkasnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.