Inspektorat dan Kejari Periksa Kades Tangkil Soal Penyelewengan Keuangan Negara

Sigit Wibowo, Kepala Inspektorat Kabupaten Bogor. Age |.Pakar

CIBINONG – Beberapa Pemerintah Desa di Kabupaten Bogor sedang dalam proses pemeriksaan Inspektorat dan Kejaksaan Negeri, salah satunya Desa Tangkil di Kecamatan Citeureup, pada Rabu (15/11/2023).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Inspektorat Kabupaten Bogor, Sigit Wibowo bahwa pihaknya saat ini sedang memeriksa Kepala Desa Tangkil, Fikriana.

“Desa Tangkil itu sedang dalam tahap on proses pemeriksaan dan berkas itu terusan dari pemeriksaan Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor. Dan kita sedang menindak lanjuti hasil pemeriksaan dari tim Kejari,” katanya kepada PAKAR, pada Rabu 15 November 2023.

Ia juga menduga bahwa Desa Tangkil telah merugikan negara pada penyaluran APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) 2022, sehingga berpotensi adanya pengembalian uang.

“Itu adalah anggaran yang masuk ke desa pada tahun 2022 kemarin. Dan benar Kepala Desa yang lana atau Incumbent dan sekarang kita sedang menunggu laporannya. Kalau untuk pengembalian uang itu bisa jadi jika ada kerugian negara,” ungkapnya.

Meskipun begitu pihaknya akan terus melakukan audit kepada Pemerintah Desa Tangkil yang ada di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor itu.

“Untuk ya nilai kerugiannya itu relatif tergantung besarannya, tetapi kita sedang melakukan audit, berapa nilai kerugian negaranya,” tukasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.