Inovasi Dinkes Atasi Covid-19 Bareng RS se-Kota Bogor, ASB: Aku Sih Yes

Anggota DPRD Kota Bogor Akhmad Saeful Bakhri. Roy | Pakar

BOGOR – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) bersinergi dengan puluhan Rumah Sakit (RS) se-kota Bogor dalam menangani Covid-19. Dengan mengkonversi minimal 35 persen kapasitas tempat tidur ruang inap menjadi tempat tidur pasien Covid-19.

“Di sini terbukti kemampuan manajerial kepala Dinkes (Dinas Kesehatan, red) Kota Bogor dalam menggerakkan peran RS-RS swasta untuk bersama-sama bersinergi menyelesaikan permasalahan bangsa,” kata anggota DPRD Kota Bogor Akhmad Saeful Bakhri.

Ia menambahkan, tentunya DPRD Kota Bogor akan membantu upaya dinkes tersebut dengan menjalankan monitoring ke RS-RS swasta yang menerapkan kebijakan tersebut.

“Ini sebuah langkah nyata, tanpa banyak wacana dan seharusnya setiap OPD harus melakukan hal itu. Langkah strategis dalam upaya perang melawan Covid-19. Jadi, apa yang sudah dilakukan Dinkes ini buat ‘aku sih yes’,” tandas ASB, sapaan karibnya.

Pihaknya pun bisa menilai terlihat efektifitas dan efisiensi langkah dan strategis yang dilakukan Dinkes Kota Bogor.

Dengan tdak membebani anggaran pemerintah terlalu besar, tetapi menggerakkan peran sektor swasta untuk bersama-sama berperan aktif

“Inilah sesungguhnya yang harus dilakukan, dimana Dinkes memegang fungsi menggerakkan peran, membina dan mengevaluasi peran layanan kesehatan di setiap RS swasta di wilayah, khususnya di Kota Bogor,” tukas anggota Komisi IV DPRD Kota Bogor itu.

“Kita hanya mengingatkan, yang perlu diperhatikan adalah mekanisme penerimaan pasien Covid-19 yang harus jelas informasinya ke masyarakat. Apalagi dengan peran RS swasta di sini. Optimalisasi E-SIRS Covid sangat penting,” papar ASB.

Ia berharap, peran dinkes seperti ini tentunya jangan berhenti pada saat pandemi saja. Tetapi juga pada saat kondisi normal, tentang mekanisme penerimaan pasien BPJS di RS-RS swasta perlu dioptimalkan.

“Dan ini membuktikan, bahwa nakes Kota Bogor bukan kategori ASN yang suka rebahan, yang seperti disampaikan pak wali beberapa waktu lalu. Juga sebagai pembuktian bahwa nakes di Kota Bogor sebagai ASN petarung yang handal. Harus kita motivasi para aparatur terutama di wilayah tandasnya.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.