Inilah Sejumlah Pembangunan di Wilayah Leuwiliang Dari Dana Samisade

LEUWILIANG – Seluruh Desa di Kecamatan Leuwiliang merasakan bantuan satu milyar satu desa (samisade) di tahun anggaran 2021. Bantuan itupun dinilai bisa memulihkan kondisi ekonomi baru paska pandemi Covid-19, seluruh Desa se-Kecamatan Leuwiliang optimalkan pembangunan.

Menurut Kasi Ekbang Kecamatan Leuwiliang, Yuga Irawansyah, mengatakan, program samisade di Kecamatan Leuwiliang seluruhnya mendapatkan bantuan samisade dan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di setiap desa. “Alhamdulillah seluruh Desa di Kecamatan Leuwiliang di tahun ini mendapat bantuan program samisade, dan bisa mendorong pembangunan ekonomi baru di Paska pandemi Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, hampir seluruh Desa mangajukan di Kecamatan Leuwiliang di peruntukan untuk infrastruktur. “Hampir seluruh Desa mengajukan untuk program infrastruktur, karena masih banyak jaling yang harus di perhatikan dan bisa mendorong para petani dan warga untuk permasalahan perputaran ekonomi,” pungkas dia.

Terpisah, Sekertaris Desa Barengkok dedi, menuturkan, dengan program yang di cetus Ibu Bupati Bogor, dinilai bisa memulihkan kondisi ekonomi dimasa pandemi, sekaligus mendorong pembangunan yang merata di setiap desa tertinghal. “Dengan program samisade ini dinilai bisa mendorong pembangunan yang merata di setiap desa tertinggi, apa lagi desa Barengkok ini banyak jalan-jalan yang tidak layak, ini menjadi win solusi terhadap pembangunan Desa,” ujarnya.

Semangat itu, dengan metode padat karya yang di terapkan dinilai bisa di rasakan oleh masyarakat atas pembangunan di setiap desa, tidak hanya yang di rasakan pembangunannya saja akan tetapi di sektor perekonomian pun di rasakan langsung. “Program ini kita khususkan untuk padat karya, tidak di pihak ketiga kan, sesuai dengan aturan Bupati Bogor Ade Yasin, sehingga perputaran ekonomi di rasakan masyarakat,” tutur dia.

Menurutnya, Desa Berangkok memiliki teroterial wilayah yang cukup luas dan memiliki jalan lingkungan yang cukup banyak, program samisade bisa di manfaatkan dengan baik oleh pemerintah Desa. “Desa Barengkok itu cukup luas sehingga jalan Desa pun banyak, mangkanya pengajuan yang kita inginkan itu soal infrastruktur untuk pembangunan jalan Desa, apa lagi Desa Barengkok mayoritas berpenghasilan di bidang pertanian dan perkebunan,” pungkas dia. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.