Ini Yang Dilakukan Wakil Ketua DPRD Jenal Mutaqin di Hari Lingkungan Hidup

BOGOR – Dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan masih dalam suasana perayaan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-539, Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor Jenal Mutaqin bersama Lurah Sindangrasa Dede Sugandi dan anggota komunitas Ciliwung, melakukan kegiatan bebersih Sungai Ciliwung.

Dari kegiatan yang digelar selama kurang lebih 5 jam itu, tim yang tersebar di sepanjang aliran sungai Ciliwung berhasil mengumpulkan 57 karung sampah berbagai jenis. Hal tersebut pun menarik simpati dari Jenal Mutaqin, karena pada kenyataannya kesadaran masyarakat akan kebersihan sungai masih sangat minim.

“Kalau saya lihat sampah tadi ini baru tiga jam sudah ada 15 karung berarti ini kan dampaknya bisa menjadi negatif, ketika tidak dikelola dan diselesaikan dengan baik bisa berakibat banjir dan penyumbatan saluran air,” kata pria yang akrab disapa JM ini.

Selain itu, JM pun meminta Pemerintah Kota Bogor agar lebih memperhatikan kebersihan sungai Ciliwung. Mulai dari menyediakan kendaraan pengangkut sampah ke perkampungan dan membangun TPS 3R di kampung-kampung yang dilintasi sungai Ciliwung.

“memang butuh langkah strategis dari walikota tidak hanya menggerakan satu hari atau beberapa hari dalam satu tahun tapi buat membangkitkan semangat masyarakat bahwa buang sampah ke Ciliwung itu salah, buang sampah ketidak tempatnya itu salah,” ujarnya.

Sebagai lembaga yang memiliki fungsi budgeting, JM pun mengaku akan mendukung penuh langkah Pemkot Bogor untuk mengentaskan masalah sampah di sungai Ciliwung dan sungai lainnya. “Kami wakil rakyat selalu support. Ketika pemerintah punya gagasan dan ide yang cukup strategis untuk kebaikan dan permasalahan yang ada, kita dewan tentu akan mendorong 100 persen,” tegasnya.

Ia pun berharap dengan kegiatan bebersih sungai Ciliwung ini, masyarakat bisa lebih melek akan keberadaan sungai yang harus dijaga kelestariannya. “Jelas yang kita lakukan hari ini mudah-mudahan ada hasil yang maksimal. Tidak hanya sekedar kotor-kotoran panas-panasan, tapi bahwa tadi menciptakan syiar yang baik karena kita harus mencontohkan dengan perbuatan. Jadi saya rasa masyarakat dengan turunnya kami aparat wilayah, termasuk saya wakil ketua DPRD, ini bisa merangsang seluruh warga bahwa kepedulian terhadap sampah bukan tugas pemerintah saja, tapi seluruh warga bogor berbondong-bondong menyelesaikan masalah sampah dengan kesadaran diri masing-masing,” pungkasnya. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.