Ini Pesan Kampung Dongeng Bagi Orang Tua

Orang tua murid saat mengikuti pelatihan yang digelar kampung dongeng Pajajaran Bogor. IST

TAMANSARI – Memperingati hari Dongeng Nasional, Kampung dongeng Pajajaran Bogor menggelar pelatihan di SDN Gadog 01, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.

Pelatihan ini merupakan bagian dari peringatan Hari dongeng nasional yang dilakukan serentak oleh kampung dongeng seluruh Indonesia.

“Acara ini serentak dilakukan kampung dongeng daerah di seluruh Indonesia, dengan puncak acara dilakukan pada hari minggu ini lewat zoom,” ujar Leni kepada wartawan, Minggu (28/11/2021).

Ia berharap dengan pelatihan yang dilakukan oleh kampung dongeng Pajajaran Bogor ini orang tua dapat menceritakan kepada anak anaknya di rumah.

“Dengan kegiatan ini diharapkan orang tua dapat melakukan dongeng di rumah dengan anak-anak nya. Karena manfaat dongeng selain melatih perkembangan kognitif dan kemampuan verbal, juga dapat membangun kelekatan antara orang tua dan anak,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN Gadog 01, Dudu Kurniadi mengatakan Kegiatan pelatihan dan penuturan mendongeng yang dilaksanakan dalam rangka hari dongeng di SDN Gadog 01 selaras dengan program sekolah sebagai sekolah penggerak angkatan 1 kabupaten Bogor juga Sekolah yang ditunjuk sebagai gerakan literasi sekolah.

“Sekolah mengembangkan dan melaksanakan praktik salah satu program kami adalah literasi Sosial Budaya. Termasuk mendongeng,” ucapnya.

Menurutnya, kegiatan ini kerjasama SDN Gadog 01 dengan Komunitas dongeng Bogor raya peserta pelatihan ini adalah Guru orang tua dan peserta didik.

Dihadiri 75 orang dengan tujuan mampu mengaplikasikan mendongeng dalam kehidupan sehari-hari dapat mengambil hikmah atau pembelajaran dari tema dongeng untuk menjadikan profil pelajar Pancasila,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.