Ini Permintaan Kompensasi dari Pemkab Bogor ke Pemprov Jabar Soal Penggunaan TPPAS Luna

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Lingkungan Hidup meminta konvensasi besar ke Provinsi Jawa Barat terkait pengoperasian Tempat Pengelolaan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut Nambo (Luna) di Klapanunggal.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Ismambar Fadli Masnen bahwa dirinya naik pitam sebab Provinsi Jabar terlalu membebankan Kabupaten Bogor soal pengoperasi TPPAS Luna tersebut. “Saya sudah paling marah sama Provinsi, itukan (TPPAS Luna) punya Provinsi tapi bebannya ada di Kabupaten Bogor. Mereka (wilayah lain) itu enak tinggal ini itu,” katanya kepada PAKAR, pada Rabu 13 Maret 2024.

Ia mengungkapkan bahwa banyak armada mobil pengangkut sampah dari berbagai daerah yakni Kota Depok, Kota Tangerang Selatan, Kota Bogor, dan Kabupaten Bogor. “Sekarang begini, mobil orang masuk baik dari Kota Depok sampai Tanggerang dan ketika ada masalah jalan rusak, lalu masyarakat terganggu, hingga krisis air bersih itu siapa yang nanti akan bertanggung jawab,” ungkapnya.

Maka dari itu dirinya meminta Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk memberikan kompensasi besar kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Bogor. “Ini akan menimbulkan dampak kedepannya seperti masyarakat kita yang tadinya bisa menikmati udara, sehingga kedepannya malah tidak bisa. Ini bukan karena uang konvensasi lalu selesai, tetapi kita perlu bantuan langsung ke masyarakat dan pemerintah daerah mendapatkan juga karena kita sebagai tuan rumah,” imbuhnya.

Fadli mengeluhkan kalau Kabupaten Bogor disamakan seperti Tanggerang selatan yang harus membayar kontribusi ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat. “Enak Tanggerang selatan dong tinggal bayar dan sama kita juga harus bayar, kecuali kita ga bayar beda yah. Dan bayarnya saja dalam satu ton itu senilai Rp 125 ribu, kalau sehari bisa mencapai Rp 5 ton, lalu dikali sebulan dan setahun sudah berapa miliar,” kesalnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.