Ini Kendala PPDB SD di Citereup yang Jadi Keluhan Para Orang Tua

CITEUREUP – Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) mengaku ada beberapa kendala dalam pendaftaran saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Dasar di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor.

Hal itu disampaikan oleh Ketua K3S Kecamatan Citeureup, Endang Wikarsa bahwa secara umum pelaksanaan PPDB berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

“Memang secara umum PPDB berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Mulai dari tanggal 1-4 Juli 2024 dan pengumumannya akan disampaikan besok ditanggal 9 Juli,” katanya kepada PAKAR, pada Senin 8 Juli 2024.

Namun menurutnya ada beberapa kendala yang perlu diketahui, sehingga hal itu perlu dievaluasi dari Dinas terkait khususnya Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor.

“Kendala-kendala itu yang ada diantaranya masalah sinyal, karena ada beberapa sekolah di ujung atau jauh dari kota, salah satunya SDN Tajur 07 tepatnya lokasinya di kampung Parung Poteng,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa problem lainnya itu di orang tua murid, sebab masih banyak yang belum paham atau melek dalam pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online jenjang sekolah dasar (SD).

“Kendala orang tua yaitu belum siap untuk sistem pendaftaran PPDB online atau tidak melek dengan tekhnologi. Sehingga mereka lebih memilih datang ke sekolah dan kita pihak sekolah membantu memfasilitasi orang tua murid,” tambahnya.

Meskipun begitu menurutnya ada mekanisme PPDB yang telah sesuai, sehingga mendapatkan dukung dari semua sekolah dasar negeri di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor.

“Untuk kouta penerimaan disetiap sekolah itu sudah diatur atau dibatasi oleh Dinas Pendidikan. Dan menurut saya itu bagus dibatasi kouta, karena dengan cara itu jumlah peserta yang mendaftar bisa merata disemua sekolah yang ada dan sisanya bisa mendaftarkan diri ke sekolah lain,” imbuhnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.