Ini Cara Mengatur Asupan Air di Bulan Puasa

0
137

Bagaimana mencukupi kebutuhan air, terutama di bulan puasa? Tentu kesempatan minum air saat berpuasa adalah sejak matahari terbenam hingga terbit fajar.

Meskipun belum ada penelitian tentang pengaturan konsumsi air minum selama ibadah puasa Danone-AQUA dalam kampanye “Cukupi Hidrasimu di Bulan Puasa” menganjurkan minum air dengan formula 2 + 4 + 2 sebagai berikut.

-Saat berbuka: Awali berbuka dengan satu gelas air putih. Setelah menyantap hidangan berbuka, kembali minum air putih satu gelas.

-Saat malam: minumlah empat gelas saat malam hingga menjelang tidur. Pembagiannya bisa dilakukan dengan minum satu gelas air putih sebelum makan malam, dua gelas sehabis makan, dan satu gelas lagi menjelang tidur.

-Saat sahur, kembali minum dua gelas air putih. Untuk meminimalkan dehidrasi, kurangi minum kopi, teh dan minuman bersoda di bulan puasa, karena minuman-minuman ini akan meningkatkan pengeluaran air kemih dan mengundang rasa haus.

Selain itu, hindari bekerja dan olahraga di terik matahari dan minimalkan olahraga yang menguras keringat.

Kalaupun banyak berkeringat, tambahkan konsumsi air minum 2—3 gelas di malam hari saat diperkenankan minum.

Pantaulah urine setiap pagi. Tanda seseorang mengalami dehidrasi ringan adalah warna urinenya kuning pekat dan jumlahnya sedikit.

Bila keadaan ini terjadi, tingkatkan asupan air putih pada malam berikutnya. Patut diingat, konsumsi air minum yang tepat dapat menjaga tubuh kita tetap sehat dan bugar.

Dengan demikian, kita dapat tetap aktif bekerja dan menunaikan ibadah puasa hingga tuntas sampai hari raya tiba.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.