Ini Ancaman Hukuman Bagi PT SBI Penampung Limbah Ilegal

GUNUNGPUTRI – Penampungan Limbah Ilegal jenis B3 milik PT Sinar Banten Indonesia (SBI), pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Gunung Putri, mengaku akan segera melakukan tindakan. Pasalnya, beberapa pekan yang lalu ratusan warga serbu tempat penampungan limbah milik PT SBI di RT 03/13, kampung Gunung Putri Utara, Desa Gunung Putri, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Kanit Reskrim Polsek Gunung Putri, Iptu Didin Komarudin mengatakan, masalah limbah tersebut sedang ditindak lanjuti oleh pihaknya.

“Memang masalah limbah tersebut kami yang melakukan penanganan dan itu tentang perizinan, namun untuk kerusakan lingkungan hidup. Itu semua kewenangan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor,” ungkapnya.

Ia menjelaskan untuk PT SBI bisa dikatakan terkena pasal 95, dengan penegakan hukum terpadu UUD No 32 perbub 2009 antara polisi, kejaksaan, dan DLH. “Namun sekarang, sudah ada Undang-Undang hak cipta dengan melindungi pengusaha. Harus ada teguran ke 1, teguran ke 2, dan lalu teguran 3,” jelasnya.

Iptu Didin Komarudin menuturkan Sejauh ini, DLH sudah membuat laporan dan mendapatkan informasi dari media. “Kalau kita dari Polsek Gunung Putri, laporan informasi tersebut dari sejumlah warga dan sedang kita tindak lanjuti,” tuturnya.

Ia menambahkan untuk tindak lanjut dari Polsek Gunung Putri, dirinya sedang menunggu hasil Lab dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor. “Dengan UUD No 32 Peraturan Bupati tahun 2009 tentang B3. Lalu kita dapat menyelidiki terkait pasal 104 terkait tentang damping atau membuang limbah ke lingkungan hidup,” tutupnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.