Ini Alasan Penahanan HRS Dipindah ke Mabes Polri

0
20

JAKARTA – Habib Rizieq Shihab (HRS) dipindahkan dari rumah tahanan (rutan) Polda Metro Jaya ke rutan Bareskrim Polri, Kamis (14/1/2021). Habib Rizieq ditahan lantaran terjerat kasus dugaan penghasutan dan pelanggaran protokol kesehatan di Petamburan, Jakarta Pusat.


“Hari ini penahanannya dipindahkan ke Bareskrim,” kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Brigjen Andi Rian saat dikonfirmasi, Kamis (14/1/2021).


Andi mengatakan, alasan penahanan Habib Rizieq dipindahkan karena rutan di Polda Metro Jaya terlalu padat. Selain itu, kata dia, pemindahan Habib Rizieq untuk mempermudah pemeriksaan penyidik.


‚ÄúPertimbangannya tahanan di Polda Metro terlalu padat. Sekaligus untuk memudahkan penyidik Bareskrim dalam pemberkasan kasusnya,” tuturnya.
Tim penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri akan melimpahkan dua berkas perkara ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) terkait kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan di Petamburan, Jakarta Pusat, dan kerumunan massa di Megamendung, Bogor, Jawa Barat.
Kedua kasus pelanggaran protokol kesehatan itu menjerat Habib Rizieq Shihab. Dalam kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan di Petamburan, polisi menetapkan Rizieq bersama lima orang lainnya menjadi tersangka.
Habib Rizieq dijerat Pasal 160 KUHP dan Pasal 216 KUHP terkait menghasut dan melawan petugas.


Sedangkan lima tersangka lain dijerat Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.
Kemudian untuk kasus kedua terkait kerumunan massa di Megamendung, polisi menetapkan Habib Rizieq dengan pasal yang sama. Habib Rizieq dijerat Pasal 14 ayat (1) dan (2) UU Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular; dan Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.MHD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.