Ini Alasan Abdee Slank Jadi Komisaris PT. Telkom Indonesia

JAKARTA – Penunjukan Abdee Negara atau yang akrab disapa Abdee Slank sebagai Komisaris Independen PT Telekomunikasi Indonesia atau Telkom (Persero) Tbk menuai pro-kontra di kalangan masyarakat. Banyak yang menilai gitaris Slank itu tidak pantas menjabat Komisaris Telkom karena latar belakangnya sebagai musisi.

Merespon hal itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan pihaknya telah memiliki sejumlah pertimbangan, salah satunya bukti keberpihakan BUMN terhadap konten lokal. Sebab ia menegaskan Telkom harus mampu menjadi agregator bagi konten lokal.“Kita jangan bohongi diri, dengan ada Netflix Disney Plus apakah kita harus anti? enggak. Tapi ayo dong bangun konten lokal yang namanya Telkom Telkomsel harus jadi agregator konten lokal. Kenapa kita juga bangun ekosistem PFN menjadi lembaga pembiayaan film bukan lembaga buat film kenapa? kalau PFN jadi lembaga buat film sama saja membunuh,” tutur Erick dalam konferensi pers di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (2/6/2021). 

Erick Thohir juga menegaskan masyarakat jangan lupa kalau Telkom memiliki Indihome yang didalamnya banyak channel. Sehingga, ia berharap Telkom bisa membuka channel bagi para musisi Indonesia yang saat ini tidak memiliki panggung karena dampak dari pandemi covid-19. Ia memaklumi bahwa konteks pengangkatan tentu memiliki kontroversi, namun ia meminta publik untuk percaya bahwa pihaknya ingin melakukan yang terbaik. “Jangan hanya dilihat negatif dan proaktif, tapi dilihat juga masak musisi Indonesia enggak boleh naik kelas? Masak nanti kalau suatu hari saya angkat misalnya bintang film yang senior, jangan disangka yang muda, yang senior sudah pengalaman kenapa dia juga tidak bisa menjadi bagian dari ekosistem industri film. Dia tahu bagaimana dia pengalamannya jadi kita harus beri kesempatan,” tegasnya. 

Erick menuturkan selain musisi, pihaknya juga menunjuk pengacara Bono Daru Aji dan salah satu Mantan Menteri Bambang Brodjonegoro sebagai komisaris Telkom. Menurutnya dengan latar belakang Bambang sebagai Mantan Menteri Keuangan (Menkeu) bisa mengerti bagaimana cara memotong capital expenditure (capex) atau belanja modal.“Kemarin yang selalu challenge ke saya, kenapa juga ada perwakilan dari masyarakat dari musisi? saya tidak mau ngomong individu, (tapi) musisi, apa salahnya sekarang Telkom dan Telkomsel berpihak pada konten lokal,” ungkap Erick. “Jadi jangan ini kita terpecah pecah karena persepsi atau mungkin dari banyak pihak yang senang hanya bikin gaduh. Itu komitmen saya pengangkatan direksi adalah bagian bagaimana transformasi banyak pasca ini (pandemi kayaknya) ke depan,” tukas Erick. MHD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.