Ini 5 Kriteria yang Boleh Bepergian Selama Penyekatan Mudik

Bupati Bogor, Ade Yasin. Khaerul Umam | Pakar

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten Bogor, mulai melakukan penyekatan mudik lebaran 2021. Meski secara ketat, setidaknya ada lima kriteria yang masih diperbolehkan bepergian selama periode 6 Mei hingga 17 Mei mendatang.

Kelima kriteria tersebut disampaikan Bupati Ade Yasin dalam Instruksi Bupati Nomor 1 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19.

“Tidak melakukan mudik pada periode 6 hingga 17 Mei 2021, kecuali keperluan mendesak untuk kepentingan non mudik,” kata Ade Yasin, Jumat (7/5/2021).

Lima kriteria yang diperbolehkan untuk bepergian selama penyekatan mudik diantaranya yaitu orang-orang yang bekerja atau perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka keluarga meninggal, ibu hamil yang didampingi satu orang anggota keluarga, dan kepentingan persalinan yang didampingi maksimal dua orang.

Namun demikian, lima kriteria tersebut diwajibkan membawa surat rapid test antigen atau sertifikat Vaksin Covid-19, agar bisa melewati penyekatan.

“Harus juga memiliki surat izin perjalanan tertulis atau surat izin keluar/masuk (SIKM) sebagai persyaratan melakukan perjalanan,” jelas Ade Yasin.

Sebelumnya, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor ini pun dengan tegas akan melakukan karantina kepada masyarakat yang nekat mudik, dan masuk ke wilayah Bumi Tegar Beriman.

“Jari bagi warga yang kedapatan mudik, kami sudah siapkan rumah isolasi di Cibogo dan Kemang,” tegas Ade Yasin.

Menurutnya, masa karantina yang dilakukan Pemkab Bogor tak lain untuk mengantisipasi adanya angka penularan Covid-19 terutama pada saat lebaran nanti.

“Silaturahmi itu penting, tapi dalam kondisi seperti ini pemerintah meminta masyarakat untuk tetap mengutamakan kesehatannya. Kesehatan keluarganya, karena kita harus sama-sama melawan virus ini, meminimalisir penyebaran,” tandasnya. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.