Indocement Beri Penyuluhan Hidup Sehat di Desa Binaan

0
24

BOGOR – Program Bogor Sehat yang digagas Bupati Bogor, Ade Yasin dalam Panca Karsa, mulai direspon swasta. Salah satunya PT Indocement Tunggal Prakarsa.

Melalui program puskesmas keliling, produsen semen tiga roda tersebut memberikan pengobatan gratis dan penyuluhan kesehatan bagi masyarakat umum khususnya desa binaan.

Community Development Head Semen Tiga Roda, Ayi Ibrohim mengatakan, program uskesmas keliling yang dibangun pihaknya merupakan bagian daru kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan atau CSR.

“Puskesmas keliling ini menjadi andalan kami, karena bisa menjangkau warga yang membutuhkan layanan kesehatan hingga di pelosok kampung yang jauh dari Puskesmas,” kata Ayi dalam keterangan tertulis, Jumat (18/1/2019)

Selain pengobatan gratis, petugas juga mensosialisasikan penyuluhan tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kata Ayi, tujuannya untuk mendorong warga menjadi peserta aktif program jaminan kesehatan yang diselenggarakan BPJS kepada warga.

Program yang diakui sudah lama ada tersebut terus dikembangkan untuk menjangkau cakupan yang lebih luas kepada masyarakat.

“Nah, untuk tahun 2019 ini intensitas pelayanannya kami tingkatkan. Sebagai catatan, warga yang bisa berobat ke puskesmas keliling itu adalah mayarakat umum. Jadi bukan hanya warga desa binaan. Karena ini adalah tugas kemanusiaan,” terang Ayi.

Lebih lanjut, berdasarkan data pada tahun 2018, jumlah warga yang mendapatkan layanan pengobatan gratis dari petugas puskesmas keliling itu mencapai 5.500 orang dan sekitar 6.800 orang aktif mengikuti kegiatan penyuluhan PHBS.

Program ini tak hanya sekedar realisasi pelaksanaan CSR saja, lebih dari itu, ini dilakukan untuk mencapai pembangunan berkelanjutan (SDGs) 2030 dengan target kehidupan sehat dan sejahtera, imbas positif berkurangnya angka angka kematian dini, akibat penyakit tidak menular,” tandas Ayi.

KHAERUL UMAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.