IKADI dan Yayasan Sepakat Mandiri Latih Pengurusan Jenazah Bagi Perwakilan Desa di Tajurhalang

Ikatan Da'i Indonesia (IKADI) bersama Yayasan Sepakat Mandiri Tajurhalang memberikan pelatihan pengurus jenazah diMasjid Al Ghifari, Griya Kalisuren, Kecamatan Tahurhalang, Kabupaten Bogor pada Ahad, (18/4/2021). (Ist)

TAJURHALANG – Ikatan Da’i Indonesia (IKADI) bersama Yayasan Sepakat Mandiri Tajurhalang memberikan pelatihan pengurus jenazah diMasjid Al Ghifari, Griya Kalisuren, Kecamatan Tahurhalang, Kabupaten Bogor pada Ahad, (18/4/2021). Kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman literasi menganai pemandian jenazah dan hingga pemasangan kain kafan.Dengan menghadirkan pemateri Ustad Madroi dari Yayasan Dompet Dhuafa, peserta berasal dari perwakilan di tiap desa di kecamatan setempat.

“Kenapa kita mengadakan kegiatan ini? karena pengetahuan tentang pemulasaraan jenasah ini sangat penting. Apalagi semua manusia pasti akan mati,” ujar Ketua Ikadi Kecamatan Tajurhalang, Suratman di lokasi pelatihan.

Menurut Suratman, yang paling berhak dan berkewajiban memulasarakan jenasah tidak lain ialah keluarga sendiri. Namun, masih banyak warga yang belum bisa mengurus sendiri ketika ada salah satu anggota keluarganya yang wafat. Tak jarang, keluarga terpaksa memanggil pengurus jenasah dari luar dan harus mengeluarkan uang ditengah rasa duka. Bagaimana kalau keluarga tersebut tergolong miskin?, Itulah yang menjadi dasar Ikadi Tajurhalang menggelar pelatihan tersebut.

Suratman menuturkan, pihaknya ingin memberikan pengetahuan secara lengkap kepada seluruh warga tentang bagaimana memusalaran jenasah. Dengan misi, wilayah di tiap RW memiliki tim yang dapat mengurus jenasah. “Kita ingin sebaiknya keluarga sendiri yang bisa mengurus, kalau pun tidak bisa, ada warga satu lingkungan yang bisa, jangan sampai harus mendatangkan pengurus jenasah dari luar,” ucapnya.

Bekerjasama dengan Yayasan Sepakat Mandiri Bersama Tajurhalang, pelatihan itu sekaligus launchingnya bantuan kain kafan beserta alat mengurus jenasah satu paket untuk warga Tajurhalang. Bendahara Yayasan Sepakat Mandiri Bersama, Iskandar S, mengatakan, yayasan ini berdiri sejak 2018 lalu, yayasan ini memiliki berbagai program sosial seperti zakat, infaq, sodaqoh dan wakaf seperti pada kegiatan tersebut.

“Kegiatan Ini adalah kolaborasi di mana Yayasan Sepakat Mandiri Tajurhalang ini sekaligus memberikan Al-quran untuk Masjid Al Ghifari dan launching dari program kain kafan gratis untuk warga se-Tajurhalang,” ungkap. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.