Ika Mega-Necis Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Sungai Ciliwung

0
404

BOGOR – Ikatan Alumni SMPN 1 Cisarua, Kabupaten Bogor, mengajak masyarakat menjaga kebersihan Sungai Ciliwung.

Tidak sekadar memberi imbauan, kepedulian lintas alumni ditunjukan dengan aksi bebersih sungai yang mengalir ke ibukota tersebut, Minggu (24/3/2019).

“Jadi, hari ini kami atas Ika Mega Necis melakukan aksi bebersih sampah secara simbolis di Sungai Ciliwung, tepatnya di aliran bendungan Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor,” ungkap Ketua Ika Mega Necis, Saprudin kepada Pakuanraya.com.

Dikatakan, kegiatan ini merupakan bentuk aksi sosial para alumni yang lebih diperlihatkan pada bentuk edukasi kepada masyaraka.

“Ya, kegiatan ini merupakan bakti sosial sekaligus sebagai bentuk kepedulian kami kepada lingkungan yang lebih mengarah pada bentuk edukasi pada masyarakat,” ucapnya.

Menurutnya, keluarga besar Ika Mega-Necis yang anggotanya 90 persen berdomisili di Puncak, Cisarua, memiliki tanggung jawab akan kebersihan sungai dan lingkungan.

“Kita tidak bisa pungkiri bahwa saat ini masyarakat masih menjadikan kali atau sungai sebagai tempat dan membuang sampah, bahkan apa yang dilakukannya itu seolah tidak pernah merasa berdosa. Karena itu, melalui kegiatan aksi sosial ini, diharapkan bisa menggugah kesadaran bagi semua masyarakat, khususnya yang ada di jalur aliran Sungai Ciliwung,” kata Saprudin.

Pengurus Ika Mega-Necis, Inggit Saepudin menambahkan, jumlah anggota lintas alumni dari mencapai 8.600 orang, bahkan jika dihitung sesuai data yang terkumpul sekarang, baik dari yang sudah berkeluarga maupun yang punya istri dan anak bisa mencapai 13.000 orang.

Jumlah tersebut, 90 persen tercatat sebagai masyarakat Puncak, Cisarua.

“Dengan jumlah anggota sebanyak itu, diharapkan Ika Mega-Necis bisa berperan dan memberi kontribusi pada masyarakat melalui edukasi langsung yakni menginformasikan lagi pada keluarganya agar dapat menjaga kebersihan sungai demi kepentingan bersama dan masa depan anak cucu kita,” harapnya.

Dia juga menjelaskan jika aksi bebersih Sungai Ciliwung mendapat dukungan dari lintas elemen, seperti Pemuda Gadog Peduli Ciliwung, Ojek Gadog, Komunitas Peduli Ciliwung, Pemdes Gadog, Pemcam Megamendung, dan lainnya.

“Ika Mega-Necis sendiri akan mengadakan reuni akbar dari 35 angkatan pada tanggal 30 Maret mendatang,” jelasnya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.