Idul Adha, Perumda Tirta Kahuripan Salurkan 79 Hewan Kurban untuk Masyarakat

Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor secara simbolis menyerahkan hewan kurban kepada masyarakat jelang Idul Adha. (Dok.Perumda)

CIBINONG – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, menyalurkan sebanyak 79 hewan kurban kepada masyarakat di lingkungan perusahaan jelang perayaan Idul Adha.

Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) itu secara simbolis telah diserahkan kepada
lima masjid di sekitar kantor pusat Perumda Air Minum Tirta Kahuripan dan Cabang Pelayanan Cibinong.

Sementara sisanya akan didistribusikan langsung ke masjid-masjid yang berada di sekitar instalasi milik Perumda Air Minum Tirta Kahuripan.

Plt Direktur Operasional Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, Asep Wildan menyampaikan rasa syukurnya karena program ini berjalan rutin setiap tahunnya.

Apalagi, kata dia, penyaluran hewan kurban ini juga merupakan langkah mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dalam upaya menurunkan angka stunting dengan pemenuhan gizi melalui asupan protein.

“Semoga di tahun yang akan datang jumlah bantuan hewan kurban akan terus bertambah sehingga semakin banyak masyarakat yang akan mendapatkan manfaatnya,” kata Asep Wildan dalam keterangannya, Jumat (14/6/2024).

Adapun 79 bantuan hewan kurban tersebut di antaranya 70 kambing dan sembilan ekor sapi. Hewan tersebut mulai didistribusikan pada 13 Juni hingga 15 Juni 2024.

Asep Wildan pun meminta masyarakat terutama panitia pelaksana untuk memperhatikan kebersihan lingkungan pasca penyembelihan dan pembagian hewan kurban.

“Kami mengajak panitia kurban untuk tidak membuang limbah kurban ke sungai, karena akan menggangu proses produksi di Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang berakibat terganggunya pendistribusian air bersih kepada pelanggan Perumda Air Minum Tirta Kahuripan,” jelasnya.

Menurut Asep Wildan, ada berbagai cara pengelolaan limbah kurban yang aman terhadap lingkungan salah satunya dengan bekerja sama dengan Rumah Potong Hewan (RPH) yang telah memiliki instalasi pengolahan limbah.

“Dengan demikian, pelaksanaan kurban dalam menyambut Idul Adha mendapatkan nilai ibadah tanpa mengganggu kelestarian lingkungan khususnya sungai sebagai sumber air,” tutupnya. =KM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.