HKN ke-57 Jadi Momen Pembangkit Semangat Vaksinasi

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina memotong kue pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57. (Khaerul Umam | Pakar)

CIBINONG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 di kantornya, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (12/11/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bogor, koordinator wilayah (Korwil) Puskesmas, serta para direktur RSUD di Kabupaten Bogor.

Peringatan HKN ini, dijadikan sebagai momen untuk membangkitkan semangat para tenaga kesehatan yang saat ini masih terus berjuang melakukan Vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

“Kabupaten Bogor menjadi salah satu daerah yang diperhatikan oleh pusat. Kementerian Kesehatan memerintahkan kami untuk menjaga momentum landainya kasus Covid-19. Dengan percepatan vaksinasi dan tentunya protokol kesehatan yang harus tetap berjalan ketat,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina.

Pada peringatan HKN, Mike mengungkapkan jika pihaknya kini membangun Mini Sentra Vaksinasi di wilayah Kabupaten Bogor. Sentra tersebut dibangun di setiap tempat pelayanan masyarakat.

Seperti pusat perbelanjaan (Cibinong City Mall), Bank Jabar Banten (BJB) Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Perhubungan, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan beberapa tempat lain yang terdapat pengumpulan massa.

Menurut Mike, Mini Sentra Vaksinasi dimaksudkan untuk mendekati pelayanan vaksinasi kepada masyarakat.

“Mini Sentra Vaksinasi ini sudah berjalan beberapa hari lalu.Tujuannya untuk mempermudah mereka melaksanakan vaksinasi. Jadi ketika mereka mengurus sesuatu di kantor pelayanan, maka kami akan data siapa saja yang belum divaksin untuk kemudian dilakukan penyuntikan vaksin,” jelasnya.

“Harapan kami pada peringatan HKN ke-57 ini tentunya bahwa apa yang menjadi cita-cita pemerintah dan masyarakat bisa segera tercapai herd immunity nya. Itu prioritas kami. Mudah-mudahan berjalan lancar,” imbuh Mike.

Pembangunan Mini Sentra Vaksinasi ini juga tak lepas dari target vaksinasi yang tinggi. Dimana Kabupaten Bogor harus menyelesaikan penyuntikan vaksin sekitar 4,3 juta jiwa atau 70 persen dari total penduduk pada bulan Desember mendatang.

Berdasarkan data per 11 November 2021, Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bogor secara keseluruhan baru mencapai 44,77 persen. Dengan rincian dosis pertama sekitar 53 persen dan dosis kedua sekitar 40 persen.

Sekretaris Dinas Kesehatan, Agus Fauzi menyebut jika para tenaga kesehatan masih terus berjuang, bahu membahu melakukan percepatan vaksinasi.

“Pelaksanaan vaksinasi masih terus kami genjot sampai mencapai target bahkan mungkin lebih. Ini juga upaya untuk mengantisipasi terjadinya gelombang ketiga penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Bogor,” kata Agus. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.