HKBP Ressort Cibinong Distrik 28 Deboskab Helat Natal Keluarga

Jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Ressort Cibinong Distrik 28 Deboskab, Kabupaten Bogor, menggelar Natalan keluarga yang diselenggarakan di gedung lama HKBP di jalan raya Jakarta-Bogor KM 43, Cibinong Bogor, Kamis (23/12/2021). IST

CIBINONG – Menjelang perayaan hari raya Natal pada 25 Desember 2021, Jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Ressort Cibinong Distrik 28 Deboskab, Kabupaten Bogor, menggelar Natalan keluarga yang diselenggarakan di gedung lama HKBP di jalan raya Jakarta-Bogor KM 43, Cibinong Bogor, Kamis (23/12/2021).

Menurut Ketua umum jemaat HKBP Cibinong, Sintua Alipen Simatupang mengatakan, pada tanggal 23 Desember 2021 ini yang kebetulan merupakan H-2 jelang perayaan natal pada 25 Desember esok lusa, dimana HKBP Cibinong Ressort 28 Deboskab menyelenggarakan natal keluarga bagi seluruh jemaatnya yang tergabung dalam persatuan keagamaan tersebut bertemakan “Cinta Kasih Kristus Menggerakka Persaudaraan” dengan subtema HKBP Cibinong yang melayani dan sehat.

“Acara ini kita dahulukan sebelum perayaan Natal di tanggal 25 Desember tiba. Tujuannya adalah, agar seluruh keluarga khususnya bagi jemaat HKBP Cibinong di gedung lama ini sadar akan kebesaran kasih Allah kepada umatnya,” kata Sintua Alipen Simatupang di lokasi, Kamis (23/12/21).

Menurutnya, perayaan natal keluarga ini juga dimaksudkan agar saat perayaan natal yang sesungguhnya di tanggal 25 Desember besok lusa itu, bisa lebih meriah. Selain itu, perayaan keagamaan bagi umat kristiani untuk tahun 2021 dibandingkan tahun 2020 lalu, terdapat perbedaan yang sangat signifikan. Dimana, tahun ini dimunculkan natal bersama keluarga, sementara natal tahun 2020 lalu hanya perayaan natal umum.

“Tujuannya agar lebih sadar bagi umat kristiani pada umumnya, bahwa yesus kristus adalah pengutus umat manusia bagi umatnya itu sendiri,” terangnya.

Masih ditempat sama, ketua panitia pelaksana (Panpel) Natal Keluarga, Inang Damara Hutabarat menambahkan, pihaknya secara pribadi berharap supaya seluruh jemaat HKBP Ressort Cibinong Distrik 28 Deboskab bisa menyatukan hati dan dapat menjadi jemaat yang mengumandangkan perdamaian serta sukacita sesuai dengan tema yang dirancang oleh jajarannya itu. Adapun, dihelatnya acara itu, bertujuan agar dapat lebih merajut tali persaudaraan seperti yang diketahui pada saat ini adanya perbedaan pendapat dan pemikiran dengan pihak gedung baru HKBP Cibinong yang sejak beberapa tahun silam konflik tersebut tak kunjung usai.

“Dan itu lah intinya, bahwa keluarga itu adalah gereja kecil. Jadi semuanya harus dimulai dari keluarga, kalau keluarga itu sudah hidup berdamai tentu gereja itu pun akan ikut berdamai pula,” imbuhnya.

“Itu lah sebabnya acara ini dilaksanakan pada H-2 perayaan natal umum dengan satu tujuannya agar kita semua jemaat HKBP Cibinong di manapun berada marilah kita merajut tali persaudaraan, dan mari kita merajut benang yang kusut supaya nanti kedepannya HKBP Cibinong ini bisa yang bersatu serta mencerminkan persaudaraan,” terangnya.

Sementara itu, pendeta HKBP Ressort Cibinong Distrik 28 Deboskab, Pdt. Dr. Tiapul Hutahaean menerangkan, arti dari natal yang menjadi perayaan rutin tiap tahunnya bagi umat kristiani itu dapat di artikan bahwa natal adalah sebuah peringatan tentang kelahiran yesus kristus sebagai juru selamat di dunia, dan maknanya bagi umat Kristen secara umumnya adalah untuk mensyukuri kebaikan tuhan.

“Karena yesus datang untuk membebaskan kita sebagai umatnya dari segala penderitaan dan segala dosa serta menyelamatkan umatnya agar menjadi manusia yang menikmati kebaikan tuhan di dunia.

Sementara pantauan dilokasi, Ibadah Natal Keluarga ini dimulai pukul 17.00 WIB dipimpin oleh pendeta Ressort HKBP Cibinong Inang Pdt. Dr. Tiapul Hutahaean dan Amang Pdt. Monroe Nainggolan Sth, dan setelah Ibadah Natal dilanjutkan dengan acara perayaan Natal yang menampilkan persembahan lagu pujian dari masing-masing sektor, dan pada saat yang bersamaan perwakilan masing-masing sektor menyampaikan bingkisan Natal untuk Gereja.

Dalam Acara perayaan nanti juga diawali dengan katan sambutan dari Ketua Pelaksanan Inang Damara Br. Hutabarat dan Ketua umum Amang St. Alipen Simatupang. =ADI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.