Hasil Tes Fisik Vo2Max Atlet Anggar Memuaskan

Serius: Para atlet anggar Kabupaten Bogor terlihat serius saat mengikuti tes fisik Vo2Max. Adi | Pakar

CIBINONG – Sekretaris Umum Persatuan Ikatan Anggar Seluruh Indonasia (IKASI) Kabupaten Bogor, Dastam menegaskan jika hasil tes Vo2MAX yang diikuti sepuluh atlet untuk Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Provinsi (BK Porprov) XIV Jawa Barat, dan delapan atlet usia 14 tahun non Pelatcab Kabuapten Bogor cukup memuaskan.

“Hasil yang memuaskan itu semua didapat karena atlet tetap menjaga kondisi selama berlatih. Baik berlatih secara mandiri maupun latihan bersama-sama tim anggar Kabupaten Bogor,” ujar Dastam, Sabtu (9/1).

Ia menjelaskan, kalau dari aspek kondisi fisik yang baik, akan menunjang suatu permainan yang baik. Karena kondisi fisik merupakan pondasi dalam meningkatkan permainan. Apalagi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari dan ingin melihat kemampuan kecepatan atlet, berapa kemampuan kekuatan atlet anggar, berapa kemampuan kelincahan atlet, berapa kemampuan Vo2MAX dari masing-masing atlet anggar Kabupaten Bogor.

“Teknik pengumpulan data menggunakan tes lari 30, tes shuttle run, tes vertical jump, tes multistage, itness training tes yang digunakan untuk mengetahui hasil data kuantitatif analisis kecepatan, kelincahan, dan kekuatannya,” tegasnya.

Hasil dari penilitian sambung Dastam menunjukkan bahwa kecepatan atlet cukup memuaskan. Tinggal kedepannya peningkatan program latihannya akan lebih ditingkatkan agar tetap stabil hingga pelaksanaan BK Porprov digelar pada tahun 2021 ini.

“Hasil ini akan jadi kajian kami melalui tim pelatih untuk lebih memperhatikan kebutuhan yang sesuai dari masing-masing atlet,” pungkasnya. =ADI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.