Hasil Swadaya, Warga Cimande Jaya Bangun Jalan Sepanjang 2 Kilometer

Masyarakat Kampung Tarikolot, Desa Cimande Jaya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, membangun jalan antara desa dengan hasil swadaya. (Firman | Pakar)

CARINGIN – Tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah, masyarakat Kampung Tarikolot, Desa Cimande Jaya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, membangun jalan antara desa dengan hasil swadaya.

Tokoh masyarakat, Wahyudi mengatakan, pembangunan jalan yang berlokasi di RT 08/03 untuk memudahkan aktivitas masyarakat.

“Pertimbangan kami, khususnya warga Tarikolot, pembangunan jalan ini nantinya difungsikan untuk jalan lingkar luar terutama saat digelar tradisi tahunan ziarah akbar Ngabungbang tiap tanggal 14 Maulid. Sebelumnya kami bermusyawarah dengan warga dan semua sepakat untuk berswadaya membangun jalan ini,” ungkap Kang Encis sapaan akrabnya.

Pembangunan yang mencapai dua kilometer dengan lebar tiga meter tentunya menghubungkan antara Desa Cimande Jaya dan Desa Pancawati.

“Saat ini kami sedang membangun turap penahan tanah, saluran drainase, dan pengerasan jalan sepanjang 300 meter. Alhamdulillah respon masyarakat di aq sini sangat baik, para pemilik tanah dengan sukarela menghibahkan tanahnya untuk perluasan jalan, ditambah yang menyumbangkan dana maupun bahan material serta tenaganya,” jelasnya.

Entis berharap, tentunya dalam pembangunan ini ke depan bisa mendapatkan perhatian dari pemerintah desa maupun dari pemerintah daerah. =FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.