Hasil Sidak Komisi C, Ditemukan Banyak Puskesmas Tak Miliki Instalasi Pengolahan Air Limbah

Komisi C DPRD Kabupaten Cianjur saat melakukan ke Puskesmas. Endi | Pakar

CIANJUR – Komisi C DPRD Kabupaten Cianjur mengungkapkan dari 45 Puskesmas yang ada di Kota Santri ada 23 puskesmas tidak memiliki instalasi pengolahan air limbah.

Hal tersebut terungkap setelah Komisi C melakukan kunjungan ke setiap puskesmas di wilayah Cianjur. Bahkan, Komisi C akan melakukan audiensi dengan Dinas Kesehatan terkait temuan tersebut. Pasalnya menurut aturan dan undang-undang setiap Puskesmas harus memiliki instalasi pengolahan air limbah.

Sekretaris Komisi C, Igun Hendra mengatakan, Puskesmas yang belum memiliki instalasi pengolahan air limbah itu tersebar baik dari wilayah Cianjur Utara maupun Cianjur selatan.

“Data yang kami miliki saat ini baru 22 puskesmas yang memiliki instalasi pengolahan air limbah, sisanya belum atau tidak memiliki sarana Ipal di masing-masing Puskesmas,” kata Igun, Senin (12/9/2022).

Igun menjelaskan, Puskesmas yang tak memiliki instalasi pengolahan air limbah melakukan kerjasama dengan pihak ketiga dalam pengolahan limbah padat maupun limbah cair.

“Jadi ada yang dibawa oleh pihak ketiga dalam pengolahan limbah padat maupun limbah cairnya,” katanya.

Menurutnya, dari 22 puskesmas yang saat ini memiliki instalasi pengolahan air limbah anggaran pembangunannya kebanyakan dari dana alokasi khusus pusat dan beberapa di antaranya membangun secara mandiri.

Pihaknya berharap ke depan semua Puskesmas memiliki instalasi pengolahan air limbah sendiri.

Hal tersebut juga disampaikan saat Komisi C DPRD Cianjur mengunjungi Puskesmas Sukaluyu di Kecamatan Sukaluyu.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sukaluyu, dr Nurul Hadie mengatakan, kunjungan komisi C ke puskesmas Sukaluyu juga bertanya seputar pengelolaan limbah. Menurutnya, bahwa saat ini untuk pengelolaan limbah bekerjasama dengan pihak ketiga yang mengambil limbah ke puskesmas.

“Ada beberapa masukan dan hal yang harus kami kerjakan ke depan seputar instalasi pengolahan air limbah, selama ini memang kami bekerjasama dengan pihak ketiga dalam hal pengolahan limbah, ke depan kami menunggu arahan dari Dinas,” kata Hadie. NDI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.