Hasil Operasi Penyakit Masyarakat, 35 Tersangka dari Berbagai Kasus Diamankan Polres Bogor

Jajaran Polres Bogor mengamankan 35 tersangka dan barang bukti dari berbagai kasus hasil opera penyakit masyarakat (Pekat) yang dilakukan selama 10 hari. Khaerul Umam | Pakar

CIBINONG – Sebanyak 35 tersangka dari berbagai kasus yang terjadi di Kabupaten Bogor, diamankan Porles Bogor dalam operasi penyakit masyarakat (Pekat).

“35 pelaku tersebut kami amankan dalam kurun waktu 10 hari saat operasi Pekat dilaksanakan, terhitung 4 sampai 13 April 2021,” ungkap Kapolres Bogor, AKBP Harun di Mako Polres Bogor, Kamis (22/4/2021).

Berbagai kasus yang berhasil diungkap di antaranya peredaran minuman keras (miras), petasan, premanisme, tawuran, hingga prostitusi.

Untuk miras, Polres Bogor berhasil menyita sebanyak 3.408 miras dengan berbagai merk. Sementara petasan yang diamankan sebanyak 13.989 petasan.

Sementara untuk kejahatan jalanan atau tawuran ada 17 tersangka, dan premanisme ada delapan tersangka yang diamankan.

“Untuk pelaku prostitusi kami amankan 10 orang pelaku. Mereka kami amankan di tiga titik lokasi berbeda. Mulai dari Gunungputri, Cibinong, hingga Cisarua,” jelas Harun.

Dari berbagai jenis kasus yang diungkap tersebut, Polres Bogor menjatuhkan hukuman kepada para pelaku sesuai klasifikasinya.

Untuk pelaku tawuran dengan senjata tajam, pihaknya menjatuhkan Pasal 2 Undang-undang Darurat Nomor 12 tahun 51 dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara.

Lalu untuk penganiayaan atau premanisme, polisi menjatuhkan Pasal 351 dengan ancaman hukuman paling lama 2 tahun 8 bulan penjara.

“Sedangkan untuk kasus prostitusi kita kenakan Pasal 506 dengan ancaman hukuman 1 tahun 4 bulan penjara,” jelas Harun.

Dia pun mengaku akan terus melakukan operasi Pekat ini di Kabupaten Bogor. “Peredaran miras, petasan, prostitusi dan tindak kejahatan lainnya akan kami minimalis dengan operasi. Apalagi ini di bulan Ramadan,” tandas Harun. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.