Harus Pikirkan Hal ini, Pemkot Bogor Diminta Jangan Fokus Membangun Suryakencana Saja

BOGOR – Dalam waktu dekat, Pemkot Bogor kembali menata kawasan Suryakencana, setelah mendapat bantuan dana pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp31 miliar. Pembangunan akan menata tujuh koridor atau Gang Roda 1 hingga 7 di sebelah kiri Jalan Suryakencana dan tiga jalan di sebelah kanan Jalan Suryakencana. Mulai dari Jalan Lawangsaketeng, Jalan Pedati hingga Jalan Ranggagading.

Namun, daripada hanya menata fisik kawasan yang lebih kepada estetika saja, maka kawasan Jalan Suryakencana disebut lebih membutuhkan penataan terkait parkir, karena sekarang ini masih memanfaatkan bahu sisi jalan.

Pengamat Tata Kota dari Universitas Pakuan, Budi Arief mengatakan, jelas penataan terhadap kawasan Suryakencana memang penting. Namun, pemkot seharusnya lebih memperhatikan penataan parkir di kawasan sentra belanja dan kuliner Bogor itu. Jadi, selain fokus penataan fisik pedestrian, sebaiknya dipikirkan rencana membuat gedung parkir sebagai off street parking. Apalagi, dengan menyediakan lahan parkir khusus, Pemkot Bogor secara tidak langsung bakal ada pemasukan dari pendapatan parkirnya.

“Tapi, tarif parkir yang dikenakan nantinya tidak terlalu mahal, sehingga bisa terjangkau oleh berbagai kalangan. Urusan penataan bukan tidak perlu, tapi kalau prioritas lebih ke penataan parkir,” paparnya.

Masih kata Budi, jalur pedestrian di kawasan Suryakencana sudah baik. Hanya saja, kendaraan yang parkir di sisi jalan, bahkan kadang mencapai dua lapis menjadi sumber kemacetan di jalan tersebut. Kemudian, pengunjung di kawasan tersebut kerap mengalami kesulitan untuk mencari tempat parkir, meski sudah ditata oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor. Baik mereka yang hendak berwisata kuliner, maupun para pesepeda yang memarkirkan mobilnya. ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.