Hari Terakhir Penyerahan Dokumen, Calon Perseorangan Pilkada Wajib Kantongi 252.814 Dukungan dari 21 Kecamatan

Ketua KPU Kabupaten Bogor, M Adi Kurnia. (Khaerul Umam | Pakar)

CIBINONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor, telah menentukan berapa minimal banyaknya dukungan yang harus dikumpulkan oleh bakal calon perseorangan yang akan maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Dari ketentuan yang telah ditetapkan, KPU menyebutkan bakal calon perseorangan minimal mengantongi 252.814 dukungan dari masyarakat di 21 kecamatan yang terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT)

“Syarat minimal dan persebaran dukungan untuk Bakal Pasangan Calon Perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bogor Tahun 2024 sebanyak 252.814 dukungan dan sebaran minimal sebanyak 21 kecamatan,” ungkap Ketua KPU Kabupaten Bogor, M Adi Kurnia kepada wartawan.

Lebih lanjut Adi menjelaskan, persyaratan itu mengacu pada ketentuan Pasal 41 ayat 2 Undang-Undang 10 tahun 2016 tentang pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota yang menyebutkan calon perseorangan dapat mendaftarkan diri jika memenuhi syarat dukungan jumlah penduduk yang mempunyai hak pilih.

Merujuk pada hal tersebut, kata dia,
KPU Kabupaten Bogor pun telah menerbitkan Surat Keputusan Nomor 1502/2024 tentang syarat minimal dan persebaran dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Bogor tahun 2024.

Nakal pasangan calon perseorangan pada Pilkada Kabupaten Bogor 2024 tersebut diminta untuk menyerahkan dokumen persyaratan minimal dukungan dimaksud mulai 8 hingga hari ini, Minggu 12 Mei 2024 di kantor KPU Kabupaten Bogor.

“Dukungan harus di kumpulkan 8-12 Mei 2024. Akhir agustus pendaftaran pencalonannya,” katanya.

KPU Kabupaten Bogor sendiri telah membuka akses informasi menyangkut persyaratan lengkap bagi bakal pasangan calon perseorangan untuk Pilkada 2024 melalui laman daring KPU Kabupaten Bogor atau bisa juga dengan menghubungi langsung layanan pencalonan.

“Mei sampai Agustus sudah rangkaian mulai penerimaan syarat dukungan, verifikasi administrasi sampai dengan verifikasi faktual dukungan calonnya,” pungkasnya. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.