Hari Pertama Puasa, Arus Lalu lintas di Jalan Raya Puncak Sepi

Kondisi Jalan Raya Puncak di hari pertama Puasa. (Yusman | Pakar)

MEGAMENDUNG – Arus lalu lintas di Jalan Raya Puncak terpantau sepi di hari pertama bulan suci Ramadan. Tak banyak kendaraan wisatawan hilir mudik di kawasan Puncak di akhir pekan ini, Minggu (3/4/2022).

Sejumlah tempat makan dan restoran terlihat tutup sesuai imbauan Pemerintah Kabupaten Bogor melalui surat selebaran yang dibagikan pemerintah kecamatan ke seluruh pelaku usaha makan dan minum.

Begitupun dengan kepadatan di simpang Gadog. Nampak sepi, arus lalu lintas lancar dua arah.

KBO Satlantas Polres Bogor, Iptu Ketut Laswarjana mengatakan, sejak dua hari lalu volume kendaraan menuju Puncak lancar tanpa hambatan.

“Sejak kemarin jalan raya puncak lancar tanpa hambatan,” ujar Iptu Ketut Laswarjana kepada wartawan, Minggu (3/4/2022).

Sepinya jalur Puncak pada libur akhir pekan ini dikarenakan bertepatan dimana umat muslim menjalankan ibadah Puasa pertama 1443 hijriah.

Sehingga para wisatawan lebih memilih menyambut Ramadan bersama dengan keluarganya di kediaman masing-masing.

“Jadi akhir pekan kali ini bertepatan awal Ramadan,” ucapnya.

Meski demikian, kata ada, ada beberapa titik akan mengalami kemacetan pada saat sore hari dimana masyarakat melakukan ngabuburit, seperti di Simpang Megamendung dan Pasar Cisarua.

“Jadi yang mau pergi ke Puncak atau Cianjur lebih baik hindari perjalanan sore, karena akan ada beberapa titik jalan terjadi kemacetan,” pungkasnya.

Sementara, Kasi trantib kecamatan Megamendung Iwan Relawan mengatakan bahwa, selama bulan Ramadan, sejumlah tempat makan dan restoran buka sore hingga jelang waktu sahur.

Adapun untuk antisipasi kerumunan di lokasi ngabuburit, Muspika Kecamatan Megamendung akan melakukan pengawasan dan patroli.

“Untuk titik ngabuburit di Megamendung ini ada satu. Kita lakukan pengawasan di sana,” ucap Iwan Relawan.

Terpisah, Camat Megamendung, Acep Sajidin mengimbau, agar masyarakat tak lalai protokol kesehatan saat akan melakukan aktivitas ngabuburit, melaksanakan shalat wajib dan tarawih.

“Kita sudah bisa melakukan kegiatan di puasa kali ini secara normal, tapi tetap harus disiplin Prokes terutama masker,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.