Hari Pertama Ganjil Genap, Banyak Kendaraan Putar Balik

Penerapan sistem genap-ganjil mulai diberlakukan hari pertama, Sabtu (6/2/2021). Terlihat banyak kendaraan bernomor polisi ganjir di putar balik oleh petugas di pos penyekatan Baranangsiang. (SYARIF)

BOGOR – Sistem ganjil genap di Kota Bogor mulai diterapkan hari ini Sabtu (6/2/2021). Seluruh kendaraan yang masuk ke Kota Bogor herus bernomor polisi akhir genap. Petugas gabungan baik Polri, TNI, Dishub dan Satpol PP Kota Bogor disiagakan di enam Pos sekat dan tujuh pos simpang diseluruh Kota Bogor.

Pantauan pakuanraya.com di lapangan, terlihat kendaraan-kendaraan bernomor polisi dari luar Kota Bogor ketika keluar pintu exit Tol Jagorawi menuju Baranangsiang, diputar balik oleh petugas karena bukan nomor polisi genap dan tidak memiliki tujuan jelas. Wali Kota Bogor Bima Arya dan Forkopimda memantau langsung penyekatan di pintu exit keluar Tol Jagorawi. Setelah itu, pemantauan dan pengecekan juga dilakukan di titik-titik pos sekat dan pos simpang.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan, puncak kendaraan masuk ke Kota Bogor sekitar pukul 10.00 sampai pukul 11.00 WIB tadi.

“Di 6 titik sekat sekarang sedang berlangsung dan tidak ada kendala termasuk 7 chek poin dalam kota. Semua kendaraan bukan bernopol genap, maka di putar balik oleh petugas,” kata Susatyo.

Ia menjelaskan, chek poin dalam kota tidak hanya terkait dengan ganjil genap saja, tapi juga terkait dengan angkutan umum. “Sehingga, pengawasan ini tidak hanya pengawasan terhadap kendaraan bermotor, tetapi juga kepada angkutan umum,” jelasnya.

Ia juga menerangkan, selain melakukan pengecekan secara statis, pihaknya juga melaksanakan kegiatan mobile untuk menyisir ruas jalan di Kota Bogor. “Kalau ditemukan ada plat nomor tidak sesuai dengan tanggal hari ini, maka akan dilakukan pemeriksaan dan akan diberikan sanksi protokol kesehatan,” ucapnya. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.