Hari ini BisKita Baru Ngaspal di Koridor 1 dan 2 Kota Bogor

BisKita Transpakuan. Syarif | Pakar

BOGOR – Setelah dua koridor yakni koridor 5 dan 6 BisKita beroperasional, hari ini, Rabu (15/12/2021), sebanyak 28 unit BusKita akan mengaspal di koridor 1 dan 2. Sehingga total BisKita yang beroperasional di Kota Bogor menjadi 4 koridor.

Ketua Badan Pengawas Kodjari Dewi Jani Tjandera mengatakan, pihaknya kembali meluncurkan armada BisKita Trans Pakuan untuk di koridor 1 dengan jurusan Terminal Bubulak-Cidangiang, dan koridor 2 rute Terminal Bubulak via Cidangiang menuju Ciawi. “Di koridor 1 sebanyak 13 armada, sedangkan koridor 2 sebanyak 15 armada,” jelasnya.

Ia menuturkan bahwa pada tahun ini ada sebanyak 49 unit bus yang beroperasi, dan kesemuanya merupakan hasil konversi tiga angkot menjadi satu bus. “Total sudah 108 angkot yang sudah dikonversi, tetapi untuk dioperasikannya BisKita akan dilaksanakan secara bertahap,” terangnya.

Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor hingga kini belum menentukan tarif bagi Biskita Transpakuan yang dikelola oleh KSO Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT). Pasalnya, hal itu masih menunggu arahan dari Kementerian Keuangan.

“Untuk tarif bukan kami yang tentukan, tetapi kementerian. Termasuk biaya perawatan dan sebagainya,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Eko Prabowo.

Selain itu, Eko juga mengaku belum tahu berapa besaran subsidi yang akan dikucurkan pemerintah pusat terkait Biskita Transpakuan yang berasal dari program Buy The Service (BTS). “Masih nunggu kajian dari pusat, sebab yang disubsidi ini jarak tempuh per kilometer,” imbuhnya.

Menurut Eko, pihaknya saat ini terus melakukan sosialisasi agar memberi pemahaman kepada pengusaha angkutan kota (angkot) terkait program tersebut. Termasuk kepada masyarakat, supaya lebih memahami bagaimana aturan main menggunakan moda transportasi tersebut. “Hari ini kembali 2 kolidor akan dioperasionalkan BisKita, yaitu di kolidor 1 dan 2,” pungkasnya. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.