Harga Komoditas Ikan Naik, Kolam Pemancingan Sepi Pengunjung

Pengelola salah satu kolam pemancingan di Kecamatan Kemang, tampak sedang bersiap membuka kolam pemancingan. Pata pelaku usaha ini memgeluh karena harga ikan mas naik. Fahri | Pakar

KEMANG – Sepekan terakhir ini, harga ikan mas di Kabupaten Bogor mengalami kenaikan. Akibatnya, kolam pemancingan yang terdapat di beberapa wilayah sepi pengunjung.

Inan, pemilik kolam pemancingan di Desa Pondok Udik membenarkan selama sepekan ini harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan, termasuk harga ikan mas.

“Awal tahun 2021 harga dari pengirim maksimal Rp33 ribu. Tapi, sekarang naik hingga Rp38 ribu,” kata Inan, Rabu (10/2/2021).

Hal senada di sampaikan Cikay, pemilik kolam pemancingan Danau Iwul, di Desa Jampang Kecamatan Kemang. Menurutnya, kenaikan harga beli ikan mas otomatis harus dijual ke para pemancing dengan harga lebih tinggi.

“Padahal sejak pandemi, usaha kami terbilang sepi. Karena dampak pandemi, ekonomi agak sulit, termasuk para pemancing,” paparnya.

Dari keterangan yang dikumpulkan, sebelum harga melonjak tajam, ketersediaan ikan mas sempat berkurang. Banyak pemilik usaha pemancingan yang sempat tutup karena tidak ada kiriman ikan mas dari waduk Jatiluhur dan Cirata.

“Kami hanya punya satu usaha pemancingan saja untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga. Jadi memang agak kesulitan kalau harga ikan mas melonjak tinggi,” pungkasnya. =FRI


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.