Harga Kedelai di Cianjur Naik, Ini Keluhan Pengusaha Tahu

CIANJUR – Para pelaku usaha tahu mengeluhkan adanya kenaikan harga kacang kedelai yang melambung naik dan berdampak untuk keberlangsungan perekonomian. Sehingga para pengusaha harus menyiasati dengan mengecilkan ukuran tahu.

Idang (43) seorang pengusaha tahu mengatakan, kenaikan harga kacang kedelai telah dirasakan para pengusaha tahu hampir satu bulan lebih.

“Sudah sebulan harga kacang kedelai naik. Sebelumnya harga kacang kedelai hanya Rp 11.000,- kini naik menjadi Rp 12.600,- kenaikannya Rp 1.600,-. Jadi berdampak buruk untuk pengusaha,” Kata dia.

Meski harga kacang kedelai melambung tinggi, lanjut Idang, ia tidak berani menaikan harga jual yang saat ini masih dijual persatunya Rp400,-. Akan tetapi lebih memilih menyiasati dengan mengecilkan ukuran tahu beberapa sentimeter.

“Dampaknya tahunya di kecilin, alias disiasati, pelanggan-pelanggan memang pada komplain. Kalau harga, tidak saya naikan,” tutur dia.

Menurutnya, tidak naiknya harga tahu lantaran takut para pelanggan setia tidak lagi membeli tahu kepadanya.

“Tidak berani menaikan harga, karena harus kompak semua pabrik tahu menaikan, kalau saya naikan, beda harga pelanggan pasti larinya ke pabrik tahu yang harganya lebih murah,”ujarnya.

Ia pun tidak mengetahui lebih jelas mengenai sebab kenaikan harga kacang kedelai. Bahkan, kenaikan harga tersebut juga tidak tahu sampai kapan.

“Penyebabnya saya tidak tahu, tapi setahu saya harga kacang kedelai itu kan tergantung harga dollar. Soalnya kan kacang kedelai impor,”ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskuperdagin) Cianjur, Komarudin mengatakan, belum mengetahui soal kenaikan harga kacang kedelai.

“Untuk harga kacang kedelai yang katanya naik, akan kami cek kelapangan. Kalau ada kenaikan harga kacang kedelai pun biasanya tidak sampai mengurangi kualitas, paling ukurannya hanya dikecilkan,” kata Komarudin. NDI/SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.