Hanya Naik 0,03 Point, Angka Rls di Kabupaten Bogor Tahun 2023 Jadi 8,37 Point

CIBINONG – Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) kalau baru-baru ini angka rata-rata lama sekolah (rls) di Kabupaten Bogor mengalami kenaikan 0,03 point atau naik menjadi 8,37 point, Kamis (7/12/2023).

Fungsional Statistik Ahli Muda BPS Kabupaten Bogor, Ujang Jaelani menyampaikan bahwa sebelumnya angka Rls di Kabupaten Bogor pada tahun 2022 hanya 8,34 point dan semenjak 1 Desember 2023 kemarin angka rls mengalami kenaikan menjadi 8,34 point atau setara dengan siswa 3 SMP.

“Betul, sejak 1 Desember kemarin angka Rls kita di Kabupaten Bogor naik 0,03 point atau menjadi 8,37 point yang sebelumnya pada tahun 2022 kemarin hanya 8,34 point,” katanya kepada PAKAR, pada Kamis 7 Desember 2023.

Ia menyebut bahwa kenaikan angka Rls pada sektor pendidikan kali ini belum signifikan dibandingkan angka perekonomi masyarakat di Kabupaten Bogor.

“Memang untuk pendidikan itu tidak terlalu depat naiknya. Berbeda dengan perekonomian masyarakat yang naiknya sangat signifikan dan angka rls itu baru keterasa beberapa tahun kedepan,” ungkapnya.

Ia juga mengakui bahwa masih banyak masyarakat yang umurnya diatas 25 untuk jenjang pendidikannya masih dibawah SMP.

Maka dari itu, menurutnya Pemerintah Kabupaten Bogor harus lebih serius lagi menggandeng masyarakat agar mengikuti kegiatan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) melalui kejar paket, supaya dapat mengejar angka Rls 8,54 point ditingkat Nasional.

“Rls itu paling memungkinkan itu diatas umur 25 tahun, saran saya yah harus gencar lagi kejar paket melalui program PKBM dan sasarannya itu masyarakat yang usianya diatas 25 tahun agar implementasi-nya juga bisa maksimal,” tukasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.