H-1 Pencoblosan, Bawaslu Catat 289 TPS di Kabupaten Bogor Rawan Terkendala Jaringan Internet

Koordinator Divisi (Kordiv) Pencegahan Bawaslu Kabupaten Bogor, Burhanudin. (Khaerul Umam | Pakar)

CIBINONG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor mencatat 289 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari total 488 TPS rawan di Kabupaten Bogor, masuk ke dalam rawan terkendala jaringan internet saat pemilihan.

“Ada 289 TPS yang kami catat rawan terkendala jaringan internet. Ini penting untuk kelangsungan proses rekapitulasi suara besok (hari pencoblosan),” ungkap
Koordinator Divisi (Kordiv) Pencegahan Bawaslu Kabupaten Bogor, Burhanudin, Selasa (13/2/2024).

Burhan mengaku jika pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor akan kondisi tersebut.

Karena, lanjut Burhanudin, Diskominfo telah merencanakan penyuplaian jaringan internet di sejumlah TPS yang rawan terkendala jaringan.

“Soal TPS yang kita inventarisir itu memang kemarin informasinya dari Diskominfo itu akan pasang wifi atau apalah, kita juga menyambut baik mudah-mudahan dilakukan, sehingga proses penyampaian laporan di TPS sesuai dengan harapan,” tuturnya.

Namun, untuk mengantisipasi tidak adanya jaringan internet pada hari pencoblosan, pihaknya mengarahkan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk menginput terlebih dahulu data yang telah dikumpulkan, walaupun tak mendapatkan akses internet.

“Kami antisipasi pertama dari Siwaslu, itu jika memang di TPS tidak ada jaringan internet, informasinya masih bisa dimasukkan dan misalnya si PTPS ini datang ke lokasi yang ada jaringan itu automatis terlaporkan,” tandas Burhan. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.