Gus Awiek Harap Hukum dan HAM di Debat Capres Bahas Isu Aktual

Anggota Komisi III DPR RI, Achmad Baidowi.(dpr)

JAKARTA – Anggota Komisi III DPR RI Achmad Baidowi berharap debat perdana Calon Presiden pada Selasa (12/12/2023) malam ini membahas isu Hukum dan HAM yang aktual di lapangan, tidak teoretis di buku-buku.

Diketahui, tema debat pertama meliputi Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga.

“Tetapi juga bagaimana aktualisasi di lapangan kondisi praksis hukum kita dan penegakan hukum dan HAM kita di Indonesia seperti apa dan kedepannya itu mau seperti apa,” ujar pria yang kerap disapa Gus Awiek itu, Selasa  (12/12/2023).

Ketua KPU Hasyim Asy’ari menyatakan rundown debat capres akan berlangsung selama 150 menit. Rinciannya, durasi debat total 120 menit yang dibagi menjadi enam segmen. Sementara 30 menit sisanya untuk pariwara.

Segmen pertama adalah momen peserta Pilpres 2024 memaparkan visi dan misi sesuai tema yang ditetapkan. Capres bisa saling sanggah pada segmen kedua, ketiga, keempat dan kelima. 

Sesi terakhir khusus untuk penyampaian pernyataan penutup tiap capres. Debat akan dihadiri tiga pasangan calon, antara lain Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka serta Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Hari ini adalah debat calon presiden. Akan tetapi, para calon wakil presiden juga hadir mendampingi. =MHD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.