Gunung Mas Banjir Bandang, BPBD Ajak Warga Perkuat Antisipasi Potensi Bencana

CIBINONG – Intensitas curah hujan di beberapa kawasan Bogor Raya mulai menunjukan peningkatan. Terbaru, terjadi banjir bandang di Desa Tugu Selatan, Gunung Mas Puncak, Selasa (19/1/2021).

Hal ini perlu mendapatkan perhatian dari masyarakat, terutama bagi warga yang tinggal di area rawan bencana seperti daerah aliran sungai, daerah perbukitan dan lainnya.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Budi Pranowo mengatakan, dalam kondisi cuaca seperti ini, maka diperlukan beberapa langkah sebagai antisipasi dari adanya potensi longsor atau gerakan tanah.

Ia menjelaskan, langkah antisipasi tersebut adalah pemantauan daerah rawan longsor, kesiapsiagaan dan pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana), pembentukan Satgas bencana dan forum PRB di tiap kecamatan, pemanfaatan ruang berbasis bencana geologi, mitigasi vegetasi serta peringatan dini bencana longsor.

“Termasuk terus berkoordinasi dengan BMKG terkait info cuaca dan dengamln PVMBG terkait lokasi atau area rawan longsor,” beber Budi Pranowo, Selasa (19/1/2021).

Selain itu, sambung Budi Pranowo, BPBD juga terus siaga terhadap potensi bencana banjir atau hydrometeorologi, dengan upaya mitigasi, pemantauan daerah rawan banjir; peringatan dini banjir dan koordinasi dengan BMKG serta petugas Bendung Katulampa.

Budi menambahkan, langkah – langkah kesiapsiagaan potensi cuaca ekstrim juga harus terus dilakukan oleh semua pihak pemangku kepentingan juga masyarakat.

Langkah tersebut diantaranya, mengikuti informasi BMKG, melakukan sosialisasi rawan bencana, siap siaga peralatan penanggulangan bencana, logistik, dapur umum, obat – obatan serta perlengkapan lain nya.

“Juga harus ada persiapan tempat evakuasi sementara, penyediaan kebutuhan dasar, kelompok rentan, tenda, selimut/matras, susur sungai dan pembersihan saluran air dan sebagainya,” pungkasnya. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.