Gubernur Jabar Ridwan Kamil Apresiasi RS Lapangan Kota Bogor

BOGOR – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ikut hadir secara virtual dalam kegiatan peresmian Rumah Sakit Lapangan (RSL) di GOR Pajajaran, Kota Bogor, Senin (19/1/2021). Kang Emil panggilan akrab orang nomor satu di Jawa Barat ini mengapresiasi inisiatif Wali Kota Bima Arya  dalam membangun RSL di Kota Bogor. 


“Karena melawan covid-19 ini kita harus terus berinisiatif tehadap kondisi-kondisi yang serba baru. Saya apresiasi diadakannya RSL di Kota Bogor sebagai intiar dalam penanganan Covid-19 di Kota Bogor,” kata Emil. 


Lanjutnya, ada dua hal yang mengemuka di awal tahun 2021 ini. Pertama adalah persediaan ruang isolasi yang semakin terbatas dan berita baiknya vaksin sudah hadir di seluruh Jawa Barat. 
“Saya sudah mendapaytkan vaksin sebagai relawan. Kita tahu untuk mencapai sebuah kekebalan masyarakat ada 3 pintu, pertama disuntik vaksin, kedua terkena covid, kemudian sembuah sehingga menjadi imun, ketiga diam dirumah tidak kemana mana. Pilihan ketiga pasti repot secara sosial, makanya kita pilih pintu oertama yaitu di vaksin supaya bisa berkegiatan seperti biasa,” jelasnya. 


Emil juga mengingatkan kepada Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim yang sudah disuntik vaksin Sinovac. Suntikan pertama itu hanya pengkondisian, suntikan kedua 14 hari setelah pertama adalah mulai merangsang hadirnya anti body, anti body itu persentasenya naik seiring waktu dan maksimalnya dibulan ketiga.


“Jadi saya dalam catatan riset kemarin dibulan ketiga setelah suntikan kedua hadir anti body sebesar 99 persen, kalau ini benar saya doakan semua yang disuntik vaksin bisa memiliki anti body yang saya miliki,” tandanya. 
Terkait berita buruk pertama soal ruang isolasi, Emil menitipkan beberapa hal, pertama yang kena covid tapi gejala ringan bisa tidak dirawat di RS, bisa di gedung-gedung negara atau di RS Lapangan seperti di Kota Bogor. Kemudian, yang isolasi di RS konvensional adalah pasien covid dengan gejala sedang atau berat, sehingga ruang ruang RS bisa di konversi untuk merawat mereka yang kena covid gejala sedang dan berat. 


“Saya apresiasi penambahan RS Lapangan ini dan bersiap-siap juga jika kasus terus meningkat. Jadi sekarang di bikin rencana-rencana penambahan RS Lapangan lainnya jika diperlukan. Kita doakan RS Lapangan tidak dipakai tapi kalau ada dan meningkat, mulai dari sekarang kita riset dimana lagi yang punya potensi tempat menjadi RS Lapangan,” bebernya. 


Emil juga berharap di tahun 2021 adalah tahun pulih pandemi dan pulih ekonomi. Semoga semua sehat karena bagaimana pun juga penyakit ini sudah banyak membuat kesedihan. “Jaga diri, jaga keluarga dan jaga negara kita, tetap disiplin karena kuncinya itu dalam pandemi ini, kita doakan vaksinasi bisa selesai kurang dari satu tahun, sehingga akhir tahun kita bisa kembali ke keadaan normal lagi,” tutup Emil. 


Wali Kota Bogor Bima Arya menuturkan, selain wisma atlit GOR Pajajaran yang sudah dijadikan RS Lapangan, Pemkot Bogor juga sedang mencari lokasi lain. Bahkan untuk hotel juga sedang dipersiapkan. “Kita lakukan antisipasi-antisipasi terhadap lonjakan yang terjadi. Hotel juga sedang kita siapkan,” tuturnya. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.