Golkar dan PPP Makin Mesra, Berkoalisi di Pilkada?

Sejumlah pimpinan DPD Partai Golkar dan DPC PPP menyatakan rencana koalisi persiapan Pilkada 2024. Age | Pakar

CIBINONG – Partai Golkar dan PPP berencana akan berkoalisi untuk memenangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bogor di tahun 2024.

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bogor, Wawan Haikal Kurdi menyampaikan bahwa pihaknya telah membuat perencaan site plan baik di Daerah maupun wilayah untuk memenangkan Jaro Ade menjadi Bupati Bogor 2024-2029.

“Kita sudah membuat perencaan site plan yang sudah matang, di setiap desa, kecamatan, dan kabupaten. Supaya kita semua dapat memenangkan Jaro Ade menjadi Bupati Bogor,” katanya kepada PAKAR, pada Sabtu 20 April 2024.

Ia juga mengaku dalam pekan ini pihaknya pun berencana akan melakukan silaturahmi lintas partai politik termasuk kepada DPD Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Bogor di kediaman Rahmat Yasin Bilabong.

“Minggu-minggu sekarang akan kita mulai. Dan untuk (Jaro-Elly Yasin) itu sangat mungkin, semuanya sangat mungkin, bahkan kita akan agendakan untuk bersilaturahmi (Bilabong). Apa lagi pak RY (Rahmat Yasin) adalah bapak kita semua dan pak Ry juga merupakan tokoh masyarakat di Kabupaten Bogor dan pernah menorekan tinta emas di Kabupaten Bogor,” ungkapnya.

Wanhay sapaan akrabnya menuturkan bahwa dirinya telah mempertimbangkan itu semua, sebab pihaknya DPD Partai Golkar yang lebih tau kondisi dan keadaan wilayah Kabupaten Bogor seperti apa.

Meskipun, menurutnya ada beberapa nama yang telah dikantongi baik dari politisi, birokrat, tokoh masyarakat, pengusaha hingga akademis berpeluang untuk mendapingi Calon Bupati Bogor Jaro Ade untuk maju dalam Pilkada 2024.

“Kalau kita ini, saya sebagai ketua DPD ingin bahwa Jabar maupun DPP harus mempertimbangkan keinginan DPD Partai Golkar Kabupaten Bogor. Karena kita yang tau wilayah Bogor ini seperti apa dan kita juga memberi peluang kepada politisi, birokrat, tokoh masyarakat, pengusaha, hingga akademisi untuk berpeluang mendapingi Jaro Ade di Pilkada,” jelasnya.

Senada dikatakan Calon Bupati Bogor, Jaro Ade bahwa saat ini dirinya tengah mengikuti mekanisme dan petunjuk DPD dan DPP Partai Golkar dalam menghadapi persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bogor 2024.

“Persiapan Pilkada ini kami mengikuti mekanisme petunjuk DPD dan DPP partai Golkar. Dan tahapan sekarang ini sesuai edaran DPP kita harus melaksanakan survei dan nanti akan ada survei lagi 3 bulan kedepan, survei tahap ke dua, sekaligus untuk memantapkan koalisi pasangan calon bupati dan calon wakil bupati,” ucapnya.

Ia menyebut bahwa cukup banyak sosok yang bakal menjadi pasangan dirinya di Pilkada mendatang, meskipun pihaknya telah mengantongi beberapa tokoh.

“Di Kabupaten Bogor ini cukup banyak dan yntuk wakil bupati kita harus menunggu waktu tiga bulan untuk mengumumkannya. Dan nama-nama itu ada di politisi, birokrat, tokoh masyarakat, pengusaha, hingga akademisi. Dan untuk (Rudy-Iwan) sangat mungkin, apa lagi Elly Yasin,” terangnya.

Maka dari itu ia menyerahkan kepada Ketua DPD Partai Golkar, Wawan Haikal Kurdi untuk memutuskan siapa yang layak menjadi Calon Wakil Bupati Bogor.

“Semuanya sangat memungkinkan (Rudy-Iwan-Elly) makanya saya serahkan kepada Ketua Partai untuk secepatnya ditindak lanjuti. Dan insyaallah dalam waktu dekat Ketua DPD dan seluruh pengurus DPD akan melakukan road show,” imbuhnya.

Sementara itu Sekjen DPC PPP Kabupaten Bogor, Junaidi Samsudin mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang menjalani komunikasi dengan semua partai termasuk Golkar untuk menghadapi Pilkada Kabupaten Bogor 2024.

“Untuk koalisi kita belum, tapi kita sedang menjalankan komunikasi semua partai. Dan kita ingin sampaikan sejak awal, kalau PPP akan mengusung kader terbaik kita baik menjadi calon F1 maupun F2,” tegasnya.

Bahkan dirinya juga mengaku kalau Jaro Ade-Elly Yasin berkoalisi di Pilkada sangat dimungkinkan, jika hal itu diinginkan oleh masyarakat.

“Yang pasti kader terbaik partai PPP akan ikut di Pilkada, dan bisa saja (Jaro-Ely) dan itu tergantung masyarakat. Makanya kita jalankan komunikasi dengan semua partai tapi saya tekankan dari awal bahwa PPP akan membuat sejarah di Kabupaten Bogor four track (empat kali kemenangan) tapi kita kembalikan semuanya ke masyarakat,” tandasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.