Gencarkan Sosialisasi, YBSS Temui Warga Kampung Dukuh Kelurahan Cikaret

Yayasan Bumi Selaras Sejahtera (YBSS) kembali roadshow memberikan edukasi kepada masyarakat Kota Bogor untuk merubah perilaku membiasakan diri hidup bersih dan sehat dengan menyimpan sampah ke alat inovasi berupa Pos Pandai. (Ist)

BOGOR – Yayasan Bumi Selaras Sejahtera (YBSS) kembali roadshow memberikan edukasi kepada masyarakat Kota Bogor untuk merubah perilaku membiasakan diri hidup bersih dan sehat dengan menyimpan sampah ke alat inovasi berupa Pos Pandai.

Kali ini, di Kampung Dukuh Jawa RW06, Kelurahan Cikaret, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Di lokasi tersebut, penggagas dan penggerak dari YBSS menyampaikan pentingnya menjaga lingkungan yang harus dimulai dari diri sendiri atau dari sumbernya.

Ketua YBSS, Muhamad Sulton Abdul Aziz mengatakan, Pos Pandai ini merupakan pengembangan dari tiga program YBSS yang selama ini sudah dilakukan yaitu bank sampah, TPS 3R dan rumah kreatif yang terletak di wilayah Rangga Mekar.

“Pos Pandai ini lebih menekankan komunikasi, sarana dan teknologi yang kedepannya kita lebih menguatkan komunikasi tentang pemilahan sampah dari sumbernya itu sendiri. Makanya POS PANDAI itu sebuah singkatan dari Pusat Olah Sampah Pilah Ambil Nabung Daur Ulang Alat & Inovasi,” kata Sulton kepada wartawan, Sabtu, 21 Januari 2023.

Lanjut Sulton, program Pos Pandai ini bekerja sama dengan WWF Indonesia, yang kemudian disosialisasikan kepada masyarakat, dengan tujuan untuk merubah perilaku masyarakat agar membiasakan diri menyimpan sampah pada tempatnya.

“Jadi tujuan utama kita adalah meminimalisir timbunan sampah yang terjadi dilingkungan sekitar, dengan cara menyimpan sampah-sampah (an-organik) ke tempat yang sudah kita siapkan, yang sudah kita tuliskan Pos Pandai,” ujarnya.

Wilayah Cikaret ini, kata Sulton, merupakan lokasi ke lima selama program Pos Pandai di digulirkan pada 2022 lalu. Sedangkan di alat inovasi Pos Pandai terdapat tiga jenis sampah an-organik, yakni plastik, logam, beling dan kertas.

“Alat ini sekarang kita serahkan ke warga untuk mengelola 3 jenis sampah tersebut, dan nantinya sampah-sampah tersebut kita angkut ke Bank Sampah yang sudah kita kelola selama ini,” katanya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Kelurahan Cikaret Gandi mengapresiasi program Pos Pandai yang digagas YBSS. Menurutnya, program ini harus didukung penuh oleh pemerintah dan juga masyarakat, sebab dengan kegiatan seperti ini masyarakat Kota Bogor, khususnya di Cikaret sadar akan kebersihan lingkungannya.

“Ini juga kan memiliki nilai ekonomis. Jadi selain lingkungan kita bersih, masyarakat juga dapat memiliki penghasilan dari pengelolaannya,” ucapnya.

Senada, tokoh masyarakat yang juga Ketua DKM Masjid Al-Wasilatussa’adah Muhammad Muhtar mengapresiasi program tersebut. Selain itu, dirinya juga bersyukur karena mendapat bantuan berupa alat penyimpanan sampah yang bertuliskan Pos Pandai itu.

“Ini bagian dari amanah, dan kita akan edukasikan kepada masyarakat, agar warga Dukuh Jawa ini dapat memilah sampah dan juga meminimalisir timbunan sampah yang ada di wilayah kita,” katanya.

Menurut Muhtar, adanya program ini dinilai sangat penting baginya. Sebab, lingkungan Dukuh Jawa disekelilingnya tidak luput dari sampah, terlebih di sekitar jembatan penghubung yang memang terdapat tempat pembuangan sampah sementara (TPS).

“Minimal dengan adanya Pos Pandai, masyarakat mengetahui tentang memilah sampah. Dan di Pos Pandai ini memang lebih kepada sampah-sampah kering atau an-organik,” pungkasnya. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.