Gencar Fooging, Belasan Warga Pasir Buncir Kena DBD

CARINGIN – Sebanyak 83 rumah,  Di kampung  Gunung Bongkok Desa Pasir Buncir Kecamatan Caringin, dilakukan Fooging atau penyemprotan sarang yamuk oleh dinas kesehatan kabupaten Bogor. Pasalnya, terdapat 11 warga setempat diduga terkena kasus Demam Berdarah  Dengue (DBD).


Di Desa tersebut, sebanyak Sebelas  orang warga dalam Empat bulan terakhir ini ,dan Jum’at tgl 19 April 2024 RT 03/03  Tiga Orang kampung Gunung Bongko dinyatakan positif terkena DBD .dan hari ini tgl 20 April 2024 Tiga orang positif  DBD  RT 04 Rw 03.


 Ucik Ketua Rt 04 mengaku,  kasus demam berdarah di wilayahnya cukup mengkhawatirkan. Sebab ada Sebelas  orang yang dirawat dalam waktu berdekatan. Mereka kini mendapat perawatan di salah satu rumah sakit. “Yang sudah terkena DBD ada Sebelas  orang. Tetapi yang menunjukkan gejala seperti panas-panas itu banyak, takutnya mengarah ke DB,” kata RT saat ditemui Pakar.


Menurutnya,  setelah mendapat laporan ada warga yang menderita DBD, ia langsung berkoordinasi dengan ketua RW Rizal agar segera melaporkan ke pihak staff desa pasir buncir, pihak desa juga berkoordinasi kepada Puskesmas Caringin. harapannya tenaga medis melakukan fooging. “Alhamdulillah saat ini sudah dilakukan Foging, minimal bisa mengurangi kasus DBD,” harapnya.


Sementara itu, Camat Caringin Ramdan Firdaus menegaskan, karena wilayah tersebut masuk Wilayah puskesmas Cinagara, disana tidak ada alat fooging. Akhirnya dilakukan kordinasi dengan Puskesmas Caringin alhamdulillah sudah dilakukan fooging. “Hari ini kita lakukan fooging bersama puskesmas, dari 11 orang tersebut hanya 6 yang didiagnosa nya DBD, dan 83 rumah hari ini kita fooging oleh Dinas Kesehatan kabupaten Bogor ,“ ungkapnya.


Dia berharap, tidak cukup dengan fooging akan tetapi kesehatan lingkungan seperti gerakan membasmi jentik nyamuk itu dilakukan lewat gerakan 3M plus. Yakni menguras tempat penampungan air, menutup tempat-tempat penampungan air, serta melakukan daur ulang terhadap barang bekas.


“Warga juga dianjurkan menanam tanaman yang dapat menangkal nyamuk, karena tidak cukup dengan Foging saja, pola hidup sehat dan lingkungan sehat sangat penting. Termasuk memelihara ikan yang memakan jentik nyamuk,” pintanya. UJG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.