Gembleng 88 Kades, Satpol PP Ingin Peran Linmas Tetap Hidup di Wilayah

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor, menggembleng 88 kepala desa soal Perlindungan Masyarakat (Linmas). (Dok.SatpolPP)

CIBINONG – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor, menggembleng 88 kepala desa soal Perlindungan Masyarakat (Linmas). Penegak Perda tersebut ingin fungsi Linmas kembali hidup maksimal di setiap wilayah.

“Kades merupakan Kasat Linmas di tingkat desa. Sehingga mereka harus mengetahui cara melakukan pembinaan kepada anggota Linmas,” kata Kepala Bidang Linmas pada Satpol PP Kabupaten Bogor Teguh Sugiarto, Rabu (30/3/2022).

Pembekalan yang dilaksanakan di Hotel Ayuda Cipayung, Kecamatan Mengamendung pada 29 Maret itu, diharapkan mampu membangkitkan peran Linmas yang kini mulai meredup.

Selain itu, Teguh menyebut, kehadiran Linmas di tingkat desa diharapkan dapat membantu pelaksanaan pemerintahan di tingkat desa dari segi ketertiban umum ataupun yang lainnya.

“Seperti melakukan koordinasi kepada TNI dan Polri, lalu dalam hal kebencanaan diharapkan anggota Linmas ini bisa membantu melakukan koordinasi. Apalagi disetiap kegiatan pemerintahan Linmas ini sering dilibatkan,” jelasnya.

Jumlah anggota Linmas di Kabupaten Bogor diketahui mencapai 10.840 orang. Merujuk pada aturan di Kemendagri, setiap desa minimal wajib mempunyai 25 anggota Linmas, tingkat kecamatan 10 anggota Linmas dan tingkat Kabupaten 30 anggota Linmas.

“Sementara yang tercatat ada 10.840 anggota Linmas. Tapi itu bisa kemungkinan bertambah karena ada dibeberapa desa yang memiliki anggota Linmas lebih dari 25 orang. Tergantung dari kebutuhan masing-masing desa,” ungkap Teguh.

Satpol PP Kabupaten Bogor pun berencana melalukan apel gabungan untuk membentuk Satgas Linmas desa, hingga tingkat kabupaten yang nantinya akan di kukuhkan oleh Bupati Bogor.

“Kita sedang menyiapkan perbupnya kaitan linmas ini,” tandas Teguh. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.