Gelombang Pertama Berangkat, Calhaj Kota Bogor 70 Persennya Lansia

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim saat melepas keberangkatan Calhaj gelombang pertama Kota Bogor, di Masjid Raya Bogor, Kecamatan Bogor Timur, Selasa (30/5/2023). IST

BOGOR – Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim melepas keberangkatan 392 calon jemaah haji (Calhaj) gelombang pertama Kota Bogor di Masjid Raya Bogor, Kecamatan Bogor Timur, Selasa (30/5/2023).


Rombongan dari kota hujan ini dideklarasikan sebagai jemaah ramah lansia yang akan bahu membahu menjaga keamanan dan kebersamaan.


Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengungkapkan, Calhaj Kota Bogor ini adalah kloter 17 tingkat Jawa Barat dan didominasi lansia yang jumlahnya mencapai 70 persen. Hal itu disebabkan adanya penundaan keberangkatan di masa pandemi 2 tahun kemarin.


“Oleh karena itu, saya berharap para Calhaj saling membantu, memperhatikan satu sama lain, tidak egois atau individualis, dan semoga selalu kompak saat berada di Tanah Suci,” ungkap Dedie didampingi Kabag Kesra Setda Kota Bogor Abdul Wahid.


Dedie memaparkan, agar para Calhaj untuk senantiasa memperhatikan kondisi kesehatannya sebab menurutnya saat ini cuaca di Madinah dan Mekkah sedang tidak menentu.


“Sehingga perlu perhatian khusus dengan asupan vitamin dan pola makan teratur agar para Calhaj bisa prima dalam menjalanlan ibadahnya,” paparnya.


Dedie mendoakan, para jemaah senantiasa sehat, selamat, dan menjadi haji yang mabrur dan mabruroh. Ia pun berharap para jemaah bisa mendoakan Kota Bogor supaya diberikan keberkahan dan keselamatan.


Salah satu Calhaj, Iwan Suryawan menuturkan, bahwa saat ini rombongan dari Kota Bogor Calhaj ramah lansia. Tentunya sudah diberikan pemahaman untuk saling membantu, memperhatikan satu sama lain, tidak egois atau individualis, dan semoga selalu kompak saat berada di Tanah Suci.


“Terkait perbedaan cuaca juga sudah kami antisipasi. Kami juga sudah diperiksa kesehatannya, semoga kami diberikan kelancaran dalam beribadah dan selalu diberikan kesehatan,” tutur Iwan yang juga merupakan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat.


Terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bogor, Dede Supriatna mengatakan, Calhaj gelombang pertama Kota Bogor masuk dalam kloter ke-17.


“Mereka diberangkatkan ke Embarkasi di Bekasi terlebih dahulu. Esok harinya pada Rabu (31/5), para Calhaj baru akan bertolak ke Madinah dari Bandara Soekarno Hatta,” ungkapnya.


Dede berdoa, para Calhaj senantiasa diberikan kemudahan saat beribadah dan selalu dalam kondisi yang sehat, selamat, dan lindungan Allah.


“Kami juga menitip doa agar Kota Bogor senantiasa dalam naungan Allah,” pungkasnya.


Diketahui, gelombang kedua akan diberangkatkan 10 hari setelahnya pada tanggal 8 Juni 2023 pukul 19.15 WIB melalui kloter 42. Sebanyak 366 Calhaj dan 8 orang petugas.

Pada gelombang ketiga ada 202 jemaah dan 8 orang petugas. Mereka diberangkatkan pada tanggal 19 Juni 2023 pukul 17.05 bersama kloter 67 yang bergabung Calhaj Depok 68 orang dan Calhaj Kabupaten Bogor 162 orang.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.