Gelar PKM di Jasinga, Mahasiswa Unpak Bantu Warga Tingkatkan Literasi Digital

Kegiatan PKM Mahasiswa Unpak Bogor di Desa Koleang, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor. Dok.Unpak

BOGOR – Mahasiswa Universitas Pakuan beserta dosen pembina di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB), melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat atau PKM ke Desa Koleang, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor.

Dalam PKM tersebut, mahasiswa Unpak bersama Karang Taruna Desa Koleang, melaksanakan kegiatan peningkatan literasi digital produksi video profile sebagai media promosi yang saat ini menjadi suatu yang penting dan lumrah digunakan.

Salah satu dosen pembina Universitas Pakuan Bogor, Roni Jayawinangun menjelaskan, berdasarkan penelitian Hubspot Research Tahun 2017 menyebutkan bahwa 54 persen memilih video sebagai konten, angka ini tertinggi jika dibandingkan jenis media yang lain yaitu email 46 persen, gambar 41 persen, dan artikel blog 18 persen.

“Dengan peningkatan literasi digital produksi video profile sebagai Konten Website Bumdes ini, diharapkan bisa membantu meningkatkan kreativitas remaja desa koleang dalam membuat video yang menarik serta dapat di nikmati oleh masyarakat,” kata Roni, Rabu (13/10).

Pada rangkaian kegiatan acara tersebut, peserta dibimbing untuk mengetahui bagaimana cara membuat sebuah video profile yang terdiri dari tiga objek lokasi. Yaitu Situ Kadongdong, Kantor Desa, dan Kerajinan tangan dari bambu. Dalam pembuatan video profile, ada proses pra produksi yaitu tahap perencanaan konsep dari pembuatan video profile itu sendiri.

Proses ini mencakup pembuatan storyboard yaitu proses penggambaran dari sebuah pesan yang ingin disampaikan dalam bentuk visual. Proses pembimbingan pembuatan storyboard ini dilakukan secara daring melalui aplikasi whatsapp.

“PKM ini terdiri dari 6 Mahasiswa Ilmu Komunikasi lintas angkatan dan 4 Dosen Pembina. Semoga bisa bermanfaat bagi Desa Koleang ini,” tutur Roni.

Sementara para pemuda setempat yang mengikuti pelatihan tersebut sangat antusias terhadap kegiatan PKM ini. Kegiatan berjalan sangat tertib, seluruh peserta mentaati protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak.

“Kami sangat berterima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa dan dosen-dosen Universitas Pakuan, telah menyempatkan waktu untuk memberikan ilmunya kepada remaja Desa Koleang,” kata salah seorang pemuda. =MAM*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.