Gelar Deklarasi, Seluruh Ormas Islam di Kota Bogor Serukan Umat Muslim Bersatu Dukung Kemerdekaan Palestina

Foto bersama para ormas Islam di Kota Bogor usai pernyataan deklarasi dalam acara dialog umat Ismal Kota Bogor di aula gedung DPRD Kota Bogor. Syarif | Pakar

BOGOR – Sebanyak 18 organisasi masyarakat (ormas) Islam yang tergabung dalam Forum Perwakilan Umat Islam (FPUI) Kota Bogor menyerukan umat muslim untuk mendukung kemerdekaan Palestina.

Dukungan tersebut diserukan dalam kegiatan Dialog Ormas Islam Kota Bogor yang berlangsung di aula Serbaguna, gedung DPRD Kota Bogor, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor pada Jumat, 10 Mei 2024.

Selain melakukan dialog seputar perkembangan konflik di Palestina, turut hadir KH. Muhyiddin Junaidi selaku Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat sebagai narasumber sekaligus menyaksikan deklarasi pernyataan sikap dukungan terhadap Palestina.

Adapun 18 ormas Islam yang tergabung dalam FPUI diantaranya Muhammadiyah Kota Bogor, Persatuan Islam ( PERSIS ) Kota Bogor, Persatuan Umat Islam ( PUI ) Kota Bogor, Mathlaul Anwar ( MA ) Kota Bogor, Al Washliyah Kota Bogor, Al Ittihadiyah Kota Bogor, Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia ( DDII ) Kota Bogor, Syarikat Islam Kota Bogor, Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia ( ICMI ) Orda Kota Bogor, Ikatan Da’i Indonesia ( IKADI ) Kota Bogor.

Asosiasi Dai dan Daiyah Indonesia ( ADDAI ) Kota Bogor, Forum Ulama dan Habaib ( FUHAB ) Kota Bogor, Ikatan Guru Taman Al Qur’an ( IGTA ) Kota Bogor, Persaudaraan Muslimah ( Salimah ) Kota Bogor, Pemuda Muhamadiyah ( PDPM ) Kota Bogor, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia ( KAMMI ) Kota Bogor, Pemuda Persatuan Islam ( PERSIS ) Kota Bogor, Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) Bogor Raya.

Koordinator FPUI Kota Bogor, Ustad Dadan Muldani mengatakan bahwa dialog ini sudah selayaknya diadakan untuk menyikapi apa yang terjadi di Palestina, apalagi situasi disana kian tidak pasti sehingga berakibat pada berakibat pada terjadinya problem kemanusiaan.

“Tentunya dampak dari persoalan yang belum selesai itu sangat signifikan bagi kemanusiaan disana seperti meningkatkan jumlah kematian, terhentinya akses bantuan internasional, serta banyaknya pasien yang terlantar akibat terbatasnya rumah sakit,” ucapnya.

Ustad Dadan menuturkan bahwa FPUI Kota Bogor mendukung pemerintah Indonesia dalam hal ini menteri Luar Negeri untuk terus melantangkan suara dan Membawa issue Palestina ini di Forum Internasional, dan mengajak semua pemimpin dunia memiliki perhatian lebih atas peristiwa kemanusiaan yang terjadi.

Ditempat yang sama, Ketua PD Muhammadiyah Kota Bogor, KH. Maizar Madsury menyebut bahwa secara global dukungan terhadap Palestina semakin menguat. Dan tentunya masyarakat Indonesia serta ormas-ormas Islam harus terus menginternalisasi kepedulian terhadapa isu palestina.

“Ormas – ormas Islam di indonesia harus bersatu menyuarakan issue Palestina dan membuka mata dunia bahwa perang ini harus segera di selesaikan,” ungkapnya.

Senada, Ketua KAMMI Bogor, Jodi Setiawan mengaku bahwa dukungan dan seruan ini bagian dari bentuk kepedulian umat islam dan para pemimpin ormas di Kota Bogor terhadap Palestina. “Ini ikhtiar kita untuk mendukung dan menyuarakan kemerdekaan Palestina,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat, KH. Muhyiddin Junaidi mengajak umat Islam di Bogor Raya untuk terus membantu dan mendukung bangsa Palestina dalam perjuangannya membebaskan diri dari kolonialisme Zionis Israel, baik dalam bentuk materi maupun non materi.

Disamping itu, KH. Muhyiddin juga mengajak kepada umat Islam untuk melakukan Embargo terhadap produk-produk yang pro Israel.

“Mari kita bantu dan dukung Palestina, jika tidak secara materi bisa non materi yakni memanjatkan doa dan meminta pertolongan Allah SWT. Kita semua harus bersatu, menyuarakan bahwa Palestina hari ini tidak baik-baik saja dan pemerintah harus konsen dan tetap komitmen memperjuangkan kemerdekaan Palestina,” katanya. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.