Gelar Deklarasi, Lima Parpol Sepakat Koalisi Dukung Herman-Ibang di Pilkada Cianjur 2024

Foto bersama lima pimpinan parpol usai deklarasi dukungan kepada Herman-Ibang untuk maju di Pilkada Cianjur tahun 2024. Endi | Pakar

CIANJUR – Lima Partai Politik menggelar Deklarasi Koalisi mengusung pasangan Herman Suherman-Muhamad Solih Ibang menjadi Calon Bupati dan Wakil Bupati Cianjur di Pilkada 2024 di salah satu Hotel di Cipanas, Kamis (30/5/2014).

Dari koalisi gemuk itu total Herman Ibang diusung 22 kursi, setengahnya lebih syarat bisa mencalonkan. Diketahui, 22 kursi tersebut didapatkan dari PKB 6 kursi, PDIP 6 kursi, Demokrat 5 kursi, PAN 4 kursi serta PPP 1 kursi.

Herman Suherman mengatakan, deklarasi tersebut bisa saja menjadi peluang bergabungnya partai-partai lain. “Alhamdulillah kita bisa mendeklarasikan lewat lima partai yang berkoalisi, terkait adanya partai mau ikut bergabung yah namanya politik sifatnya dinamis dan mencair, bisa aja deklarasi ke dua dan ke tiga,” kata Herman.

Menurut Herman, deklarasi juga menjadi momen untuk menjawab isu-isu yang berkembang terkait kemungkinan dirinya dan Ibang tidak bisa mencalonkan di Pilkada 2024. “Ini menjawab keraguan bagi masyarakat yang katanya saya tidak bisa mencalonkan diri karena tidak mendapatkan perahu dan terganjal MK, itu tidak terbukti,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Cianjur Susilawati mengatakan, pertimbangan partainya mengusung Herman Suherman lantaran merupakan kader asli yang saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Partai.

Kemudian, Susilawati menyebutkan rekam jejak Herman memimpin Kabupaten Cianjur sangat baik. Kemarin kita ingat di tahun 2020 pasca dilantik ada bencana Covid-19, alhamdulillah Bupati mampu mengatasi semuanya, lalu ada gempa proses penyelesaiannya itu berjalan dengan baik,” kata Susilawati.

Lanjut Susilawati, keputusan memilih Herman-Ibang juga berdasarkan hasil rapat konsolidasi internal di Gedung Bale Rancage-Cianjur, Kamis (30/5/2024). Menurutnya ada berbagai pertimbangan PDI Perjuangan mengusung kembali Herman Suherman sebagai petahana kembali maju pada Pilkada Kabupaten Cianjur. Selain merupakan kader berlambang kepala banteng moncong putih, dari evaluasi kinerja selama menjabat bupati, Herman dinilai sangat mumpuni.

Sementara itu, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono, sangat mengapresiasi langkah cepat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cianjur yang membuka komunikasi dengan partai lain sehingga bisa terwujud deklarasi koalisi 5 parpol untuk Herman-Ibang.

“Memang pak Herman sudah menyampaikan terkait bakal calon wakil bupatinya yaitu Haji Ibang (Muhamad Solih). Proses ini merupakan tindak lanjut dari surat tugas yang diberikan DPP,” katanya.

Ono mengatakan berdasarkan hasil deklarasi maupun hasil MoU berupa pasangan bakal calon tersebut nanti akan disampaikan ke DPP melalui DPD. Lalu DPD akan segera melakukan komunikasi dengan DPD atau DPW partai-partai tersebut. “Ini sebagai bahan klarifikasi jika mereka benar mengusung pasangan Herman Suherman dan Haji Ibang. Setelah kita clear melakukan komunikasi dengan pengurus partai di tingkat provinsi, maka DPD akan menyampaikan ke DPP agar segera mengeluarkan surat rekomendasi yang isinya menyampaikan pasangan calon bupati dan wakil bupati yang diusung PDI Perjuangan,” pungkasnya. BNM/NDI/SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.