Gelap Pasca Penertiban PKL, Dishub Catat dari 567 Lampu Penerangan di Puncak 113 di Antaranya Mati

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, Agus Ridho. (Dok.Pakar)

CIBINONG – Penataan kawasan wisata Puncak dilakukan secara menyeluruh oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Termasuk penerangan jalan umum (PJU) untuk menerangi Jalan Raya Puncak.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor mencatat ada sebanyak 564 lampu di sepanjang Jalan Raya Puncak dengan 113 di antaranya dalam kondisi mati.

Kepala Dishub Kabupaten Bogor, Agus Ridho menyebut PJU yang ada di wilayah Puncak itu tidak hanya milik Pemkab Bogor namun juga Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

“Disini saya sampaikan, jadi dari Gadog sampai dengan Tugu jumlah lampu (564 lampu) yang pertama milik BPTJ itu ada 223 titik, yang nyala 137, yang tidak nyala 86. Yang punya kita (Dishub) ada 341 hampir nyala semua, sekarang tinggal 27 lagi,” ungkap Agus, Minggu (7/7/2024).

Untuk sejumlah lampu yang mati dan di luar milik Pemkab Bogor, Agus mengaku sudah berkoordinasi dengan BPTJ agar segera dilakukan perbaikan.

“Tapi untuk BPTJ kita sudah bersurat untuk segera melakukan dan dari BPTJ akan segera melakukan perbaikan,” jelasnya.

Menurutnya, perbaikan PJU tersebut perlu dilakukan segera, karena pasca penertiban pedagang kaki lima (PKL) jalan Raya Puncak menjadi gelap dan kurang pencahayaan.

“Ya memang pasti selama ini kan di sana terang karena ada pedagang ketika pedagang hilang pasti gelap tapi kalau siang enak,” terang Agus.

Sebab itu, kata dia, PJU penting untuk diperbaiki agar meningkatkan keamanan serta merapikan salah satu penataan di Puncak Bogor.

“Yang 27 (milik Dishub) itu sekarang kita lakukan perbaikan di beberapa titik di lokasi termasuk di sini (rest area) kan kita akan tambah juga pemasangan sebanyak 8 titik kita akan tambah 20,” paparnya.

Di samping itu, Agus menyebutkan bahwa pihaknya juga akan menambahkan rambu-rambu yang masih terlihat kurang pasca penertiban.

“Mungkin yang paling penting ini belum ada tanda tanda parkir rambu, akan segera termasuk juga perambuan di jalan raya, walaupun kewenangan nya di BPTJ kita juga sudah berkordinasi agar BPTJ segera memasang perambuan didepan termasuk juga dikaji juga traffic light,” tandasnya. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.