Gebyar Pasar Ramadan, Ratusan Warga Ngabuburit di Kantor Kecamatan Rumpin

Kegiatan Gebyar Pasar Ramadan oleh Himpunan Mahasiswa Rumpin (Fahri | Pakar)

RUMPIN – Ramadan tahun ini terasa istimewa dan spesial bagi masyarakat Rumpin. Pasalnya, pada tahun ini, diadakan launching perdana Gebyar Pasar Ramadan oleh Himpunan Mahasiswa Rumpin (HMR).

Serunya lagi, lokasi dari Gebyar Pasar Ramadan ini berada di tempat strategis yaitu di halaman Kantor Kecamatan Rumpin.

Antusiasme masyarakat Rumpin sangat tinggi, hal ini terlihat saat pembukaan Pasar Gebyar Ramadan, pada Minggu, 3 April 2022, bertepatan dengan hari pertama puasa Ramadan.

Tampak ratusan warga Rumpin datang ke kantor kecamatan untuk sekedar melihat dan belanja sekaligus “ngabuburit” bareng menunggu datangnya waktu untuk berbuka puasa.

Ketua Umum HMR, Ibnu Sakti Mubarok mengatakan, Pasar Gebyar Ramadan ini menyediakan berbagai menu buka puasa mulai dari jajanan anak – anak, gorengan, takjil buka puasa, pakaian dan berbagai jenis permainan anak.

Selain itu, setiap hari disediakan pula tempat untuk buka bersama gratis dengan live music yang bisa dinikmati oleh setiap pengunjung.

“Kami berharap, kegiatan Gebyar Pasar Ramadan dapat menjadi icon wajah baru dari Kecamatan Rumpin, menjadi solusi pemulihan ekonomi, dan menjadi tempat ngabuburit dan buka bersama sebagai sebuah tadisi kearifan lokal yang tidak terpisahkan di bulan Ramadan,” ungkap Sakti, sapaan akrabnya.

Selain itu, sambung Sakti, tujuan paling utama kegiatan ini adalah tumbuhnya geliat ekonomi dari warga Rumpin sehingga mampu meningkatkan penghasilan dan tarap ekonomi, setelah dua tahun lebih dihantam oleh wabah Pandemi Covid-19.

Sementara itu, Rinaldi, Ketua Pelaksana kegiatan menuturkan, Gebyar Pasar Ramadan ini dibuka untuk umum mulai pukul 15.00 hingga 22.00 WIB. Lokasi pasar ini disediakan terutama untuk para pedagang yang berdomisili di Kecamatan Rumpin atau warga Rumpin.

“Pendaftaran untuk para pedagang akan terus dibuka sampai akhir dari pagelaran Gebyar Pasar Ramadan,” imbuh Rinaldi.

Seorang pengunjung, Idan (28) mengaku senang dan antusias untuk datang ke Gebyar Pasar Ramadhlan tersebut. Menurutnya, gebyar pasar Ramadhlan sangat membantu masyarakat dalam menyiapkan menu berbuka puasa. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.