Gawat, Banyak Imigran Puncak Lalai Prokes

Satpol-PP Provinsi Jabar saat mendapati imigran di Pafesta Cisarua tak menggunakan masker. Yusman | Pakar

CISARUA – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Provinsi Jawa Barat mendapati banyak imigran yang berada di Pasar Pafesta, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, tidak disiplin protokol kesehatan khususnya penggunaan masker. Sabtu (22/5/2021).

Salah satu warga asal Negara Somalia, Mirnaif yang kedapatan tak menggunakan masker saat akan berbelanja kebutuhan sehari-hari di Pasar Pafesta, imigran ini malah berdalih lupa membawa masker.

“Nanti kalau keluar rumah apalagi ke tempat keramaian seperti pasar, wajib menggunakan masker,” pinta Kabid Penegakan Peraturan Daerah Satpol-PP Provinsi Jawa Barat, Herdiwan.

Menurutnya, harus ada perubahan perilaku masyarakat terkait protokol kesehatan ini. Sebab, aparat tidak mungkin terus menghimbau atau mengingatkan masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

“Mereka harus sadar sendiri, bukan menggunakan masker karena disuruh, coba dibiasakan, seperti ada ketinggalan hp, pasti akan kembali untuk mengambil, nah coba masker juga seperti itu,” bebernya.

Saat ini, Satpol-PP Provinsi Jawa Barat lebih mengedepankan edukasi ketimbang melakukan tindakan.

“Jadi saya faham psikologis masyarakat, jadi kita coba mengingatkan masyarakat dengan cara-cara humanis,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.