Gandeng Kampus Unpak, Tingkatkan Kompetensi SDM Perumda Tirta Pakuan

Foto Dirut Perumda Tirta Pakuan Rino Indira dan Rektor Unpak Bogor Didik Notosudjono. IST

BOGOR – Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor bersama Universitas Pakuan (Unpak) melakukan kerjasama di bidang penelitian dan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan membuat training center di gedung Unpak dan di kawasan Tajur, Kecamatan Bogor Timur. Penandatanganan MoU digelar di gedung rektorat Unpak lantai 3, Kecamatan Bogor Tengah, Rabu (13/7/2022) siang.

Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan mengatakan, pihaknya ini kan harus meng upadate apa yang dilakukan di perusahaan, kalau tidak punya dasar akademiknya pihak perusahaan kurang bisa ambil keputusan.

“Hari ini kami berkolaborasi dengan Universitas Pakuan, kami juga meminta pandangan-pandangan dari universiras terkait program-program yang akan kami laksanakan. Mudah-mudahan kami bersinergi, berikhtiar untuk mencapai apa yang kami inginkan kedepan,” ungkap Rino kepada wartawan.

Rino menjelaskan, Perumda Tirta Pakuan ini kan harus berekspansi, pada saat berekspansi itu banyak yang harus diskusikan, termasuk harus bikin Fisibility Study (FS) nya dengan fakultas ekonomi, harus melakukan kajian teknisnya dengan fakultas teknik, harus melakukan kajian tenatang IT dan sebagainya.

“Ya, itu pun bisa bersama-sama dengan dekan. Nanti juga jadi mahasiswa di Unpak tahu tentang industri kami, dan kami pun mendapatkan hasil riset dari mereka. Semua ilmu itu kan punya keterkaitan dengan coorporate kami dari mulai hukum, sosial politik dan komunikasi, teknik mempunyai keterkarikan dengan kami. Nah masing-masing fakultas ini akan membantu terkait dengan kajian pada kami, termasuk dengan magang mahasiswanya, agar mahasiswa di Unpak mendapatkan atmosfir industri tentang PDAM,” jelasnya.

Rino membeberkan, kedepannya para SDM Tirta Pakuan siap pada saat masuk, karena mempunyai wawasan Tirta Pakuan. Kemudian training center mungkin tahun depan akan dilaunching, tahun ini dilakukan persiapan dari mulai kurikulum sampai bangunan fisik.

“Kedepannya Insya Allah akan kami laksanakan. Training center ini bagian dari capaian kami meningkatkan SDM, bukan cuma Tirta Pakuan tapi juga untuk PDAM seluruh Indonesia,” bebernya.

Sementara itu, Rektor Unpak, H. Didik Notosudjono mengatakan, pihaknya dengan Perumda Tirta Pakuan bekerjasama nanti kearah penelitian dan SDM, maka terkait dengan penelitian implementasinya Tirta Pakuan diminta untuk menjadikan training centernya di Unpak.

“Ya, bagus sekali untuk pelatihan-pelatihan. Kami bicara dengan dekan-dekan, akan memgimplementasi training center, karena training center itu sangat penting sekali. Training center itu nantinya untuk pelatihan pelatihan SDM Tirta Pakuan, untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan kompetensi,” ungkap Didik.

Didik melanjutkan, karena model kerjasama yang dikembangkan nanti selain mengadakan suatu MoU, itu ada Perjanjian Kerjasama (PKS) dan ada Implemetasi Agreemen (IA). Nanti Unpak dituntut untuk melakukan implementasi. Pihaknya juga mempunyai konsep pengembangan kerjasama, itu harus ada langsung implemantasi ke permentasinya.

“Mou ini kami libatkan semua dekan, artinya all off kaya total football. Ini baru kali ini melibatkan dekan-dekan, kami anggap PDAM itu penting, kami akan bantu kegiatan-kegiatan yang implemented,” pungkasnya.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.