FISIB Unpak Kolaborasi Dengan Pemkab Targetkan Desa di Kabupaten Bogor Jadi Pusat Unggulan Budaya dan Pariwisata

Salah satu budaya di Desa Ciasmara, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. IST

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten Bogor, berkolaborasi dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Pakuan (Unpak), melestarikan dan mengawetkan budaya tradisional di desa-desa di ‘Bumi Tegar Beriman’.

Hal ini terlihat dari berbagai kerja sama yang dilakukan, salah satunya adalah kerja sama dengan Desa Ciasmara, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor yang merupakan bagian dari desa binaan FISIB Pakuan.

Dekan FISIB Universitas Pakuan Dr. Henny Suharyati, M.Si menyampaikan, sebagai bentuk realisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Pakuan berkomitmen untuk terus mendukung pelestarian budaya dengan beberapa skema penelitian yang didukung oleh pemerintah.

Misalnya seperti rekayasa sosial, kearifan lokal, pelestarian kearifan-kearifan lokal, yang akan dikembangkan selanjutnya.

“Dosen dan mahasiswa itu harus melaksanakan riset dan juga pengabdian kepada masyarakat. Artinya ilmunya tidak hanya disimpan di perpustakaan saja, didokumentasikan saja, tetapi itu diamalkan ya, bagaimana nanti tentunya ke depannya bahwa desa wisata yang kita bangun, kita unggulkan ini nantinya akan menyerap tenaga-tenaga mahasiswa untuk berkiprah,” ujar Henny kepada wartawan, Selasa (13/9/2022).

Lanjut dia, dosen juga ikut meneliti dan itu juga sudah dilakukan sebetulnya oleh dosen-dosen di Unpak.

“Kemudian mahasiswa kita juga yang sudah mendapatkan Program Holistik Pembinaan dan pemberdayaan Desa, disana sudah dua kali ya, dua tahun berturut-turut dan ini suatu hal yang sangat baik sekali. Jadi perkembangan itu berdasarkan sinergi dengan apa yang ada di fakultas dan juga di desa unggulan ini,” terangnya.

Ia menambahkan, banyak hal yang ingin diraih oleh FISIB salah satunya menjadi pusat budaya dan pariwisatanya. Tentunya dengan memiliki desa–desa binaan, terutama desa wisata.

“Diharapkan FISIB bisa berkiprah di masyarakat sepenuhnya, jadi tidak separuh-separuh tetapi langsung semuanya itu bisa. Artinya semua ilmu yang digali saling bersinergi ya. Jadi, dikembangkan kemudian juga diberikan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat desa wisata itu juga akan maju, FISIB juga akan berkembang dengan baik,” harap Henny.

Sementara itu, Kepala Desa Ciasmara Junaedi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Universitas Pakuan dalam hal ini Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya (FISIB), karena dapat mensinergikan antara Pemerintah Kabupaten Bogor dengan para akademisi dalam membangun Kabupaten Bogor.

“Membangun suatu desa itu tidak bisa sendiri, butuh dukungan dari berbagai element. Saya mengucapkan terima kasih kepada Universitas Pakuan dan adik-adik mahasiswa yang telah bekerja sama dengan Desa Ciasmara untuk melaksanakan KKN dan pengabdian masyarakat di Desa Ciasmara. Terima kasih kepada adik-adik mahasiswa, para dosen yang telah memberi bimbingan di Desa Ciasmara ini,” ungkap Djuanedi. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.